Osu!
Deskripsi Game
osu! ialah game ritem pada platfotm PC yang di buat oleh Dean Herbert (ppy). Game ini pertama kali dirilis publik pada 1 Juli 2007 dengan waktu pembuatan sekitar 16 jam. Game ini mempunyai 4 mode: osu! Standard, osu! Taiko, osu! Catch dan osu! Mania. Sebenarnya, secara garis besar, osu! merupakan "remake" dari game yang pernah ada sebelumnya (osu! Standard merujuk ke osu tatakae ouendan, osu! Taiko merujuk pada game Taiko no Tatsujin, dan osu! Mania merujuk pada game Beatmania IIDX dan O2Jam). Game ini mampu didownload pada laman resminya, https://osu.ppy.sh/home/download
4-games-in-1-game
Seperti yang sudah saya singgung pada bab permulaan, osu memiliki 4 mode yang intinya ialah remake dari game aslinya.
Dibanding game mode lain yang mau dibahas, osu! Standard ialah gamemode yang paling banyak dimainkan. Mode ini mengkolaborasikan kesanggupan player untuk “aim” note yang timbul dan mengklik note tersebut dengan tepat. Player harus menggerakkan cursor dengan mouse atau tablet dan menekan tombol Z dan X (default key mapping) dengan tepat. Terdengar gampang, namun pada kenyataannya tidak. Player diuji konsistensinya baik aim pada map dengan pattern jumping maupun staminanya dalam menekan keyboard pada map dengan pattern stream (Pattern akan dibahas dibawah).
Aturan Main dan Game Mechanics
Aturan Main
Pada dasarnya, aturan-aturan main pada osu! seperti dengan game ritem kebanyakan. Player harus melaksanakan agresi (tergantung mode yang dimainkan, berikutnya akan disebut selaku menangkap note) pada dikala yang tepat. Jika tidak maka akan dihitung miss atau tidak miss tergantung pada timing saat player menangkap note yang diukur pada hit error. Cara player menangkap note berbeda tergantung mode yang ia mainkan. Untuk mode osu! Standard player mesti menggerakkan cursor dengan mouse, tablet atau touchscreen dan menekan tombol di keyboard. Untuk osu! Taiko player mesti menekan keyboard sesuai warna note. Untuk osu! Catch player harus menekan keyboard untuk menggrakkan catcher ke kanan dan ke kiri. Sedangkan untuk osu! Mania player harus menekan keyboard sesuai jumlah note lagu yang beliau mainkan (umumnya 4 dan 7). Setiap bermain lagu, player akan mendapat XP dan Performance Points (PP), tetapi hanya berlaku jika memainkan map/lagu ranked dan bermain online (login).
Level


4-games-in-1-game
Seperti yang sudah saya singgung pada bab permulaan, osu memiliki 4 mode yang intinya ialah remake dari game aslinya.
- osu! Standard
Dibanding game mode lain yang mau dibahas, osu! Standard ialah gamemode yang paling banyak dimainkan. Mode ini mengkolaborasikan kesanggupan player untuk “aim” note yang timbul dan mengklik note tersebut dengan tepat. Player harus menggerakkan cursor dengan mouse atau tablet dan menekan tombol Z dan X (default key mapping) dengan tepat. Terdengar gampang, namun pada kenyataannya tidak. Player diuji konsistensinya baik aim pada map dengan pattern jumping maupun staminanya dalam menekan keyboard pada map dengan pattern stream (Pattern akan dibahas dibawah).
- osu! Taiko
Gamemode ini sungguh identik dengan game aslinya, yaitu Taiko no Tatsujin. Player akan dihadapkan dengan 2 note, merah dan biru (“don” dan “kat”) yang akan bergerak secara horizontal (HSRG). Game ini menjadi lebih seru bila map yang dimainkan mempunyai SV (speed velocity) yang berubah-ubah, karena note akan bergerak dengan kecepatan yang berbeda menciptakan player akan tertantang dalam memorialize lagu.
- osu! Catch
Sesuai namanya, player harus menangkap note yang “berjatuhan” dengan menggerakkan catcher ke kanan dan ke kiri. Terdengar simpel memang, tetapi player harus mempunyai konsistensi yang tinggi biar note mampu tertangkap. osu! Catch sendiri memiliki nama asli Catch the Beat. Namun seiring berjalannya waktu dan regulasi yang ppy tetapkan, mode ini berubah nama menjadi osu! Catch.
- osu! Mania
Gamemode ini sungguh persis dengan game ritem vertikal (VSRG) kebanyakan. Player dihadapkan pada note yang berlangsung vertikal dan harus menekan tombol yang sempurna pada waktu yang tepat juga, layaknya bermain piano. Pada mode ini, ada beberapa pilihan, mulai dari jumlah key (1-9k, namun kebanyakan map yang ranked memiliki mode 4k dan 7k) sampai scrolling direction (ke atas mirip game DDR atau ke bawah seperti O2Jam).
Klasifikasi Game
Genre: Game Rhythm
Tema: -
Rating: Tidak ada rating ESRB resmi untuk game ini, namun dalam salah satu thread pada lembaga osu!, ada sebuah vote kira-kira rating ESRB apa yang cocok untuk game osu! (unofficial, dari community)
Aturan Main dan Game Mechanics
Aturan Main
Pada dasarnya, aturan-aturan main pada osu! seperti dengan game ritem kebanyakan. Player harus melaksanakan agresi (tergantung mode yang dimainkan, berikutnya akan disebut selaku menangkap note) pada dikala yang tepat. Jika tidak maka akan dihitung miss atau tidak miss tergantung pada timing saat player menangkap note yang diukur pada hit error. Cara player menangkap note berbeda tergantung mode yang ia mainkan. Untuk mode osu! Standard player mesti menggerakkan cursor dengan mouse, tablet atau touchscreen dan menekan tombol di keyboard. Untuk osu! Taiko player mesti menekan keyboard sesuai warna note. Untuk osu! Catch player harus menekan keyboard untuk menggrakkan catcher ke kanan dan ke kiri. Sedangkan untuk osu! Mania player harus menekan keyboard sesuai jumlah note lagu yang beliau mainkan (umumnya 4 dan 7). Setiap bermain lagu, player akan mendapat XP dan Performance Points (PP), tetapi hanya berlaku jika memainkan map/lagu ranked dan bermain online (login).
Level
Sebenarnya, pada osu! ada sistem level tiap player. Namun level ini tidak terlalu diamati kebanyakan alasannya adalah tolak ukur “prestasi” dari player bukan dilihat dari level, tetapi pada rank global dan rank negara yang bergantung pada Performance Points (PP) yang player peroleh sesudah memainkan map/lagu. Level hanya mengindikasikan jumlah XP yang diperoleh player
Game Mechanics
Ada beberapa faktor utama dalam playscreen yang dinamis dikala memainkan game. Pertama adalah score. Player akan menerima score setiap berhasil mendapat note (sempurna maupun tidak, asal tidak miss). Score yang didapat player tiap notenya bergantung pada combo multiplier (pada mode osu! standard, osu! Taiko dan osu! Catch). Sedangkan pada osu. Selanjutnya ada acc/accuracy. Jika player mendapat score sempurnya maka acc tetap 100%. Namun bila player sekali saja tidak mendapatkan note dengan sempurna (100, 50 atau miss) maka acc akan turun. Acc player akan naik kembali jika mereka mendapat note dengan tepat.
Sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa tipe judgement pada osu! ketika player menerima note. Secara lazim ada 4, yakni 300 kalau player menerima note dengan sempurna, 100 kalau telat atau terlalu cepat, 50 bila terlalu lambat atau terlalu cepat tapi tidak menyebabkan miss, dan miss jikalau player gagal mendapatkan note. Namun tiap mode memiliki keunikan sendiri, pada osu! Taiko dan osu! Catch tidak ada judgement 50 dan pada osu! Mania mempunyai 2 jenis 300 (rainbow dan gold) dan 100 (diantara 200 dan 50).
Berikutnya ada yang dinamakan Mods. Mods merupakan modifikasi optional terhadap map yang dimainkan yang mampu dipilih oleh player. Ada 3 jenis mods yang masing-masing memiliki efek sendiri
- Difficulty Reduction: mods yang berada dalam klasifikasi ini akan menciptakan tingkat kesusahan pada map berkurang. Ada 3 mods pada kategori ini, yakni Easy (EZ), No-Fail (NF) dan Half-time (HT)
- Difficulty Increasing: mods pada klasifikasi ini menciptakan tingkat kesusahan pada map meningkat. Ada 2 sub kategori pada kategori ini, adalah visual mods, seperti Hidden (HD), Flashlight (FL), dan Fade-In (FI, hanya pada mode osu! Mania saja) dan non visual mods seperti Hardrock (HR), Sudden Death (Sekolah Dasar), Perfect (PF), Double time (DT), dan Nightcore (NC)
- Special
Berikutnya adalah bagian paling penting dari game ini, yakni beatmaps. Beatmaps ialah stage-stage/level di osu!. Dalam bentuknya yang paling dasar, sebuah beatmap mempunyai suatu lagu dan banyak sekali hiobject/note yang ditempatkan sesuai irama musik. Mereka juga bisa memiliki gambar latar belakang, video, dan / atau storyboard.
Beatmaps dapat diunggah oleh BSS (Beatmap Submission System) dan lalu dilaksanakan melalui proses kesepakatan yang disebut modding untuk mempertahankan tolok ukur mapset yang tinggi. Secara lazim ada 3 jenis map, ialah Ranked, map yang sudah disetujui dan sudah menyanggupi ruleset sebuah beatmap, kemudian ada loved, jenis modern dimana map bergotong-royong tidak menyanggupi ruleset suatu beatmap tetapi map ini disukai/diminati oleh komunitas sehingga dibuatkan jenis baru ini, dan terakhir pending/graveyard, map jenis ini masih belum menyanggupi ruleset sebuah beatmap.
Sedangkan difficulty sendiri ialah sublevel yang terdapat pada beatmaps. Diff memiliki star rating dan nama yang berbeda. Untuk osu!Standard memiliki nama diff Easy, Normal, Hard, Insane, Expert. Pada osu!Taiko sendiri ada Kantan, Futsuu, Muzukashii, Oni, dan Inner Oni. Pada osu! Catch ada Cup, Salad, Platter, Rain, Overdose. Dan pada osu! Mania ada EZ, NM, HD, MX, dan SC
Setelah player simpulan memainkan suatu lagu (tidak fail/kekurangan healthbar) maka player akan masuk ke score result screen. Player akan ditampilkan score selesai, acc tamat, combo selesai dan rank.
Alasan Mengapa Game Ini Terbaik Countless Beatmaps Ya, walaupun sebenarnya beatmapnya bisa dijumlah, tetapi kata tersebut cukup untuk mendeskripsikan betapa banyaknya map yang ada dikala ini. Tercatat ada 740.661 beatmaps yang tersubmit pada laman resmi osu! dengan jumlah difficulty lebih dari 2.5 juta (per tanggal 24/2/2018). Bisa dibilang sungguh banyak map yang mampu dimainkan sehingga game ini sangat jauh dari kata membosankan Multiplayer Game terasa tidak seru bila dimainkan seorang, mungkin ada beberapa player yang berpikir demikian. Dengan fitur multiplayer yang dikembangkan osu! pada selesai 2012 menciptakan game ini menjadi lebih seru. Tak cuma itu, terdapat banyak sekali turnamen turnamen baik resmi maupun tidak yang mampu disertai oleh player. Tercatat sudah ada lebih dari 50 installasi turnamen resmi yang diadakan oleh staff osu! dan 200 lebih turnamen yang dikerjakan oleh komunitas Community Komunitas ialah aspek terbesar dari game ini. Kenapa? Game ini tidak berjalan hingga selama 10 tahun tanpa komunitas. Hampir semua aspek dari game ini dikerjakan oleh komunitas, mulai dari avatar player, sampai pengembangan game juga dipegang oleh komunitas. Banyak sekali project yang dipegang oleh komunitas baik skala global mirip event Anime Expo 2017 Showcase di Los Angeles, YACA 2017 osu! Meetup di China sampai skala regional. Project lainnya yang dipegang oleh komunitas yakni osu! World Cup. Tercatat sudah 8 kali event osu! World Cup diadakan, dan semua dipegang oleh komunitas, walaupun masih di awasi oleh ppy selaku developer (menciptakan tourney clients dsb). Beatmaps dan skin pun semua di provide oleh komunitas. Tercatat sudah lebih dari 700.000 beatmaps di submit dan total lebih dari 2.000.000 diff di submit dan semuanya berasal dari komunitas, baik secara personal maupun dari mapper community. Konten lain diluar unsur game juga banyak. Contoh yang paling terlihat adalah menjamurnya channel channel youtube yang provide video video terkait dengan game, seperti player replay, player showcase, livestreaming dan sebagainya. /r/osugame juga ialah bukti bahwa komunitas dari game ini sungguh terlihat. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali komunitas regional regional di kota kota besar, mirip OREJA (osu! Regional Jakarta) OSRC (osu! Solo Region Club) KOS (Komunitas osu!rabaya) OMT (osu! Malang Team) dan lain sebagainya. Komunitas di Indonesia sendiri menenteng imbas besar dalam berkembangnya player-player osu! di Indonesia sendiri, ada lebih dari 200.000 player aktif yang sebagian besar aktif berkomunitas, sehingga game ini makin terdengar dan kian banyak orang yang memainkannya.
Fun Factor Achiever Game ini sangat cocok untuk para achiever. Ada banyak sekali yang bisa di"achieve" oleh player, mirip achievement, level, performance point, rank count (jumlah SS, S, A dll) dan rank (global maupun ranking). Namun pada umumnya, player osu suka sekali mencari performance point dan achievement, sebab cara unlock achievement-achievement ini tersembunyi dibalik nama dan deskripsinya sehingga player harus menebak lagu apa yang harus dimainkan dan kondisi mirip apa biar bisa menerima achievement tersebut
Socializer Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, komunitas merupakan hal terbesar dari game ini. Banyak cara bagi socializer untuk membuat mereka enjoy, seperti bermain multiplayer, chatting pada berbagai macam channel, berinteraksi dengan player lain di lembaga (mulai dari bahasan osu hingga off-topic mirip real life), dan yang paling utama yaitu player kadang-kadang share screenshot screen result mereka setiap menyelesaikan map map tertentu, yang terkenal atau semacamnya dan memamerkannya di forum forum mirip lembaga osu, grup facebook, discord dan semacamnya
Killer Biasanya, player tipe ini akan sangat merasa puas jikalau mereka sukses men-snipe score atau PP player lain, baik temannya atau mungkin top player
Ganendra Afrasya Salsabilla
05111640000071
Alasan Mengapa Game Ini Terbaik Countless Beatmaps Ya, walaupun sebenarnya beatmapnya bisa dijumlah, tetapi kata tersebut cukup untuk mendeskripsikan betapa banyaknya map yang ada dikala ini. Tercatat ada 740.661 beatmaps yang tersubmit pada laman resmi osu! dengan jumlah difficulty lebih dari 2.5 juta (per tanggal 24/2/2018). Bisa dibilang sungguh banyak map yang mampu dimainkan sehingga game ini sangat jauh dari kata membosankan Multiplayer Game terasa tidak seru bila dimainkan seorang, mungkin ada beberapa player yang berpikir demikian. Dengan fitur multiplayer yang dikembangkan osu! pada selesai 2012 menciptakan game ini menjadi lebih seru. Tak cuma itu, terdapat banyak sekali turnamen turnamen baik resmi maupun tidak yang mampu disertai oleh player. Tercatat sudah ada lebih dari 50 installasi turnamen resmi yang diadakan oleh staff osu! dan 200 lebih turnamen yang dikerjakan oleh komunitas Community Komunitas ialah aspek terbesar dari game ini. Kenapa? Game ini tidak berjalan hingga selama 10 tahun tanpa komunitas. Hampir semua aspek dari game ini dikerjakan oleh komunitas, mulai dari avatar player, sampai pengembangan game juga dipegang oleh komunitas. Banyak sekali project yang dipegang oleh komunitas baik skala global mirip event Anime Expo 2017 Showcase di Los Angeles, YACA 2017 osu! Meetup di China sampai skala regional. Project lainnya yang dipegang oleh komunitas yakni osu! World Cup. Tercatat sudah 8 kali event osu! World Cup diadakan, dan semua dipegang oleh komunitas, walaupun masih di awasi oleh ppy selaku developer (menciptakan tourney clients dsb). Beatmaps dan skin pun semua di provide oleh komunitas. Tercatat sudah lebih dari 700.000 beatmaps di submit dan total lebih dari 2.000.000 diff di submit dan semuanya berasal dari komunitas, baik secara personal maupun dari mapper community. Konten lain diluar unsur game juga banyak. Contoh yang paling terlihat adalah menjamurnya channel channel youtube yang provide video video terkait dengan game, seperti player replay, player showcase, livestreaming dan sebagainya. /r/osugame juga ialah bukti bahwa komunitas dari game ini sungguh terlihat. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali komunitas regional regional di kota kota besar, mirip OREJA (osu! Regional Jakarta) OSRC (osu! Solo Region Club) KOS (Komunitas osu!rabaya) OMT (osu! Malang Team) dan lain sebagainya. Komunitas di Indonesia sendiri menenteng imbas besar dalam berkembangnya player-player osu! di Indonesia sendiri, ada lebih dari 200.000 player aktif yang sebagian besar aktif berkomunitas, sehingga game ini makin terdengar dan kian banyak orang yang memainkannya.
Fun Factor Achiever Game ini sangat cocok untuk para achiever. Ada banyak sekali yang bisa di"achieve" oleh player, mirip achievement, level, performance point, rank count (jumlah SS, S, A dll) dan rank (global maupun ranking). Namun pada umumnya, player osu suka sekali mencari performance point dan achievement, sebab cara unlock achievement-achievement ini tersembunyi dibalik nama dan deskripsinya sehingga player harus menebak lagu apa yang harus dimainkan dan kondisi mirip apa biar bisa menerima achievement tersebut
Socializer Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, komunitas merupakan hal terbesar dari game ini. Banyak cara bagi socializer untuk membuat mereka enjoy, seperti bermain multiplayer, chatting pada berbagai macam channel, berinteraksi dengan player lain di lembaga (mulai dari bahasan osu hingga off-topic mirip real life), dan yang paling utama yaitu player kadang-kadang share screenshot screen result mereka setiap menyelesaikan map map tertentu, yang terkenal atau semacamnya dan memamerkannya di forum forum mirip lembaga osu, grup facebook, discord dan semacamnya
Killer Biasanya, player tipe ini akan sangat merasa puas jikalau mereka sukses men-snipe score atau PP player lain, baik temannya atau mungkin top player
Ganendra Afrasya Salsabilla
05111640000071

Posting Komentar untuk "Osu!"