Hearts Of Iron Iv

 

Genre : Grand Strategy, Sandbox, Strategy, Singleplayer, Multiplayer

Tema : World War II, Alternate History, Military, Historical, War

Developer : Paradox Development Studios

Publisher : Paradox Interactive

Platform : Microsoft Windows, macOS, Linux

Rating Usia : 

 

Deskripsi


Hearts of Iron IV (HOI4) ialah game grand strategy computer wargame untuk PC yang dirilis pada tanggal 6 Juni 2016. Seperti game-game sebelumnya dalam seri Hearts of Iron, game ini merupakan game grand strategy yang berkonsentrasi pada Perang Dunia II. Game ini memiliki mode singleplayer dan multiplayer.


Pada HOI4, pemain memimpin aneka macam negara pada abad sebelum dan ketika Perang Dunia II. Berbagai aspek negara berada di tangan pemain, baik itu industri, pembangunan, politik, militer, maupun diplomasi. Pemain ditantang untuk berpikir strategis, membangun industri negaranya dan membentuk aliansi untuk berperang melawan musuh ideologis negaranya.


HOI4 memperlihatkan sejarah Perang Dunia II secara rincian. Namun, HOI4 bukan sekedar simulasi sejarah. Tidak mirip sebagian besar game strategy yang lain yang bertema sejarah, pemain diberi keleluasaan untuk mewujudkan alternate history lewat setiap keputusannya. Dari keputusan kecil, mirip seni manajemen yang digunakan pasukannya, hingga keputusan besar, seperti merencanakan revolusi atau merestorasi kerajaan dari era lampau.


Skenario


Tahun 1930-an hingga 1940-an ialah masa sarat krisis. Perang Dunia I sudah selsai beberapa tahun yang lalu. Namun, aneka macam masalah yang timbul sejak dikala itu.



Revolusi Rusia melahirkan negara baru dengan ideologi komunis, ialah Uni Soviet, yang ingin mengembangkan revolusi komunisnya ke seluruh dunia. Namun, negara ini menghadapi banyak sekali bahaya, baik dari dalam pemerintahannya sendiri, maupun dari negara-negara yang tidak mau revolusi datang di tanahnya.



Sementara itu, gerakan Fasisme sudah menjangkau kekuasaan di Jerman, Jepang, dan Italia. Mereka prospektif negaranya akan mendapatkan kembali kehormatannya yang telah ternodai di tamat Perang Dunia I. Italia berambisi menguasai pesisir Laut Mediterania, sedangkan Jerman hendak mempersatukan bangsa Jerman di bawah satu negara. Jerman juga hendak membalas dendam kepada Inggris dan Perancis atas kekalahannya pada Perang Dunia I serta menaklukkan Rusia untuk menemukan wilayah jajahan.



Di Asia, Jepang hendak mengekspansi kawasan kekaisarannya dan meruntuhkan imbas negara-negara barat di Asia. Jepang berencana menaklukkan Cina dan daerah jajahan Inggris, Amerika, dan Perancis di Asia-Pasifik. Namun, Jepang juga khawatir kepada persebaran komunisme dan bahaya Uni Soviet.



Inggris dan Perancis, para pemenang Perang Dunia I, enggan mengikuti peperangan besar kembali setelah mengalami korban jiwa dan kerugian ekonomi yang besar saat perang tersebut. Begitu pula Amerika Serikat, yang telah dilanda krisis ekonomi Great Depression. Sentimen anti-kolonial juga menyebar di tanah jajahan negara-negara barat. Dapat dilihat bahwa Inggris, Perancis, dan Amerika tidak siap berperang. Namun, ambisi negara-negara fasis dan komunis mungkin akan memaksa mereka berperang kembali.



    Di samping itu, berbagai teknologi gres sudah muncul sejak Perang Dunia I, termasuk teknologi militer. Berbagai persenjataan telah dikembangkan dan siap digunakan untuk perang berikutnya, mirip tank, pesawat tempur, artileri, dan bahkan senjata lainnya yang belum pernah ada pada perang sebelumnya.

 

    Dalam setting ini, pemain dapat memimpin banyak sekali negara pada tahun 1936 atau 1941, dilengkapi dengan populasi, militer, keadaan politik, dan seluruh sumber dayanya. Setiap negara juga memiliki masalah dan ambisi tersendiri. Dengan negara yang dipimpinnya, pemain akan menghadapi berbagai krisis, perang, dan tantangan lainnya yang mau tiba, dan menjinjing negaranya menuju kejayaan.


Aturan Main

 

  1. Pemain memimpin suatu negara pada kala sebelum dan saat Perang Dunia II. Tujuan pemain dalam memimpin negaranya diputuskan sendiri oleh pemain. Secara umum, pemain harus mempertahankan negaranya semoga tidak dikalahkan oleh negara lain dalam pertempuran.

  2. Pemain mampu mengontrol banyak sekali aspek negaranya. Riset, konstruksi, militer, industri, hukum, diplomasi, dagang, dan anggota pemerintahan semuanya mampu dikontrol oleh pemain. Namun, konsentrasi semua faktor ini yaitu pada faktor perang dan militer.


  1. Pemain dapat melatih pasukan, menggerakkannya, serta memberi perintah. Pasukan dibagi menjadi angkatan darat, laut, dan udara. Setiap pasukan memiliki stats yang memilih kemampuannya untuk memenangkan pertempuran serta membutuhkan equipment tertentu.

  • Pasukan darat diatur dalam bentuk unit divisi yang memiliki komposisi tertentu, mirip infantry, tank, atau artileri. Beberapa divisi dapat dikelompokkan menjadi army yang dipimpin jenderal. Pasukan darat bermaksud merebut dan menduduki kawasan lawan. 

  • Angkatan maritim dikelola dalam bentuk unit kapal. Setiap jenis kapal mempunyai fungsi tertentu. Beberapa kapal mampu dikelompokkan menjadi fleet, yang dipimpin laksamana. Kapal bertujuan mengendalikan perairan semoga tidak dapat diseberangi pasukan lawan dan sebaliknya, dapat dipakai untuk menyerang wilayah lawan. 

  • Angkatan udara dikelola dalam bentuk unit air wing yang terdiri dari sejumlah pesawat. Setiap jenis pesawat mempunyai kemampuan tertentu. Angkatan udara bertujuan membantu angkatan darat dan bahari dalam tugasnya.


Tab Land Doctrine


  1. Setiap peperangan menciptakan army, navy, dan air XP, sesuai angkatan militer yang berperang. XP dapat digunakan untuk mengembangkan doctrine, ialah taktik yang memperkuat pasukan.


Tab Produksi


  1. Konstruksi dilaksanakan untuk menciptakan bangunan yang berkhasiat. Diantara bangunan yang paling berkhasiat yaitu:

  • Civilian factory, untuk membangun bangunan lainnya

  • Military factory, untuk memproduksi equipment

  • Naval dockyard, untuk memproduksi kapal


Tab Trade


  1. Produksi memerlukan resource, mirip karet dan baja. Resource yang tidak dimiliki negara mampu diimpor dari negara lain melalui trade (perdagangan). Sejumlah civilian factory dipinjamkan kepada negara eksportir selama trade berlangsung.


Research Tab Infantry Technology


  1. Research (riset) dikerjakan untuk mengembangkan teknologi yang memiliki berbagai kegunaan. Riset dapat dilakukan dengan research slot yang tersedia dan memerlukan waktu agar dapat tertuntaskan.


  1. Aksi diplomasi dapat dijalankan dengan negara lain. Diantaranya yaitu mendeklarasikan perang dan membentuk aliansi.


  1. Saat berperang, suatu negara mesti merebut daerah dan kota negara lawan agar mampu mengungguli perang. Setelah berperang, akan terjadi peace conference, dimana negara pemenang mampu menghukum negara yang kalah, mirip dengan mengambil daerahnya atau membentuk puppet state (negara boneka) yang taat. Jika perang terjadi antara beberapa negara, maka hak pemenang dibagi sesuai kontribusinya saat perang.


  1. Hukum dan anggota pemerintahan mampu dipilih untuk mendapatkan bonus pasif. Pemilihan ini memakai political power, yang dihasilkan seiring waktu. Anggota pemerintahan memiliki beberapa macam, ialah:

  • Political advisor, politisi yang membantu berjalannya pemerintahan. Memberi bermacam-macam bonus.

  • Military staff, staf kepemimpinan militer negara. Memberi bonus terkait militer

  • Theorist, ilmuwan dan staf militer yang memimpin riset negara. Memberi bonus terkait riset dan doctrine.

  • Design Company, perusahaan yang menolong industri negara. Memberi bonus terkait riset dan produksi.


National Focus Tree Jerman


  1. National focus tree berisi konten untuk suatu negara dan ialah representasi agresi negara dalam alur sejarahnya. Dengan menyelesaikan focus, pemain menentukan aksi yang dilakukan negaranya, dan mampu sesuai sejarah maupun tidak. Beberapa negara memiliki focus tree khusus. Menyelesaikan focus mampu memberi banyak sekali bonus positif maupun negatif, serta mampu mengakibatkan terjadinya banyak sekali event. Setiap focus membutuhkan waktu biar mampu diatasi.


  1. Setiap negara memiliki salah satu dari empat ideologi, ialah demokratis, komunis, fasis, dan non-aligned (tak berpihak). Masing-masing ideologi memiliki ciri-ciri sendiri, seperti pemimpin, nama negara, dan bendera negara. Setiap ideologi mempunyai persentase popularitas tertentu di setiap negara. Berbagai event mampu menyebabkan negara berubah ideologi.
     

Mengapa Hearts of Iron IV Merupakan Game Terbaik?


Saat dipandang pertama, HOI4 mungkin terlihat seperti game peta yang membingungkan. Akan namun, atmosfer HOI4 yang sungguh imersif menciptakan pemain betul-betul terasa mirip pemimpin pada kala Perang Dunia II. Artstyle yang indah pada loading screen dan ikon setiap focus mengilustrasikan signifikansi setiap agresi pemain. Begitu pula penulisan pada deskripsi setiap focus dan event. Soundtrack orkestra karya Andreas Waldetoft juga memperkuat mood yang dirasakan ketika bermain. Musik yang dimainkan disesuaikan dengan negara yang diseleksi serta event yang terjadi. Bahkan, beberapa negara mempunyai tema musik sendiri yang gayanya didasarkan gaya musik asal negara tersebut, sehingga memberi rasa patriotis.


Saya awalnya tertarik dengan game ini alasannya adalah saya menyukai sejarah. Dalam hal ini, HOI4 tidak mengecewakan. Berbagai konten dalam HOI4, mirip teknologi dan event, dibentuk dengan perhatian yang besar dalam sejarah. Hal ini berkontribusi kepada imersi pemain. Namun, keunikan HOI4 dibandingkan game berlatar sejarah yang lain adalah kebebasan yang diberikan HOI4 kepada pemain untuk mengeksplorasi banyak sekali skenario alternate history, sekalipun skenario yang absurd dan tidak kongkret. Skenario ini diwujudkan oleh aksi pemain sehingga pemain merasa diberdayakan. Setiap aksinya memiliki pengaruh yang positif.


Setiap permainan HOI4 memerlukan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari. Akan namun, HOI4 memiliki banyak konten dan fitur yang dapat dirasakan sehingga aku tidak merasa jenuh. Sampai dikala ini, jam main saya tercatat di Steam selama lebih dari 6900 jam. Saya juga sudah memperoleh 30% dari seluruh achievement di Steam.


Topik sejarah yang ditampilkan secara detail dalam HOI4 mengakibatkan bermain game ini menjadi cara yang mengasyikkan untuk mempelajari sejarah. Setelah aku bermain sebagai suatu negara, aku seringkali mempelajari negara tersebut melalui sumber lainnya. Melalui game ini, saya dikenalkan dengan aneka macam topik terkait sejarah kurun ke-20, tergolong politik, militer, teknologi, dan budaya pada kurun itu. 


Dimana Fun pada Hearts of Iron IV?


HOI4 memiliki aneka macam faktor yang memberi rasa ‘fun’ terhadap pemain. Aspek-faktor ini dapat dikategorikan menurut Bartle's Personality.


Achiever (AC)


  1. Memenangkan perang dapat memberi reward yang memuaskan bagi pemain, mirip daerah dan efek kepada negara musuh serta resource dan bangunan yang dimilikinya.


  1. Terdapat opsi tingkat kesulitan berlawanan bagi pemain yang ingin tantangan lebih. Tingkat kesusahan “Veteran” dan “Elite” memberi banyak sekali bonus yang memperkuat negara AI serta penalti yang menambah tantangan bagi pemain. 


  1. Ironman mode merupakan mode dimana satu permainan di-save dalam satu slot secara otomatis. Selain itu, pemain tidak dapat menciptakan save baru ketika permainan berlangsung. Mode ini menangkal pemain me-load save sebelumnya ketika melakukan kesalahan. Oleh alasannya adalah itu, mode ini cocok bagi pemain yang ingin tantangan komplemen.


  1. Bagi pengguna Steam, HOI4 menyediakan banyak sekali achievement dengan tingkat kesulitan yang berlainan. Achievement berperan selaku tujuan pelengkap bagi pemain yang ingin tantangan lebih. Agar bisa mendapat achievement, pemain harus memilih tingkat kesusahan “Regular”, “Veteran” atau “Elite” serta mengaktifkan Ironman mode. Achievement gres disertakan pada setiap update besar. 


  1. Selain achievement, terdapat pula medal, ribbon, dan awards yang juga diberikan ketika pemain menuntaskan berbagai tantangan. Namun, tidak seperti achievement, penghargaan ini dapat diperoleh saat pemain bermain dengan mod. Medal, ribbon, dan award dipamerkan lewat tab Career Profile.


Majapahit Empire
 Jika Hindia Belanda/Indonesia menguasai Malaya Inggris (British Malaya), maka dapat membentuk formable nation Majapahit Empire

  1. Beberapa negara dapat membentuk formable nation dan membentuk negara gres untuk mempersatukan suatu daerah. Membentuk formable nation ialah tantangan yang besar, tetapi reward yang diberikan juga tidak sedikit. Tantangan yang diberikan lazimnya menguasai sejumlah wilayah, sedangkan rewardnya yaitu terusan sarat terhadap sumber daya daerah yang dikuasai. Selain itu, negara juga menerima nama dan bendera gres.


 
Hindia Belanda
 Hindia Belanda adalah puppet milik Belanda dengan tingkat otonomi “Integrated Puppet”

  1. Jika negara pemain memiliki negara puppet, maka otonomi puppet tersebut mampu bertambah atau berkurang sesuai aksi pemain dan puppet itu tersendiri. Jika pemain berhasil menghabiskan otonomi puppet tersebut, maka pemain mampu menggantikan seluruh kawasan puppet serta seluruh angkatan militernya. Namun, kesannya yaitu jika otonomi tidak diamati, maka puppet dapat memerdekakan diri.


  1. Jika negara pemain memiliki kawasan okupasi (wilayah jajahan yang tidak dibawah pemerintahan puppet), maka pemain harus mengamati resistance dan compliance-nya. Jika resistance terlalu tinggi, maka kawasan tersebut akan memberontak. Sebaliknya, makin tinggi compliance, maka kian banyak resource dan bangunan yang dapat diperoleh dari wilayah tersebut.


  1. Untuk menyelesaikan riset dan focus, pemain harus menyanggupi banyak sekali ketentuan dan menunggu selama rentang waktu tertentu. Pemain harus memilih urutan riset dan focus yang maksimal biar menemukan keunggulan kepada lawannya. Namun, atas keteguhan dan kecermatannya, pemain dapat menemukan berbagai teknologi dan buff yang berguna. 


Explorer (EX)


  1. Walaupun setting HOI4 ialah masa Perang Dunia 2, tetapi pemain mampu mengeksplorasi berbagai skenario alternate history. Focus tree pada setiap negara mempunyai opsi non-historical, mulai dari taktik non-historical hingga ideologi dan pemimpin alternatif. Aksi pemain memilih skenario yang terjadi dan memiliki imbas yang besar kepada keberlangsungan permainan.

  2. Tidak hanya pemain yang dapat mengganti sejarah. Dengan mematikan opsi “Historical Focuses” di permulaan permainan, maka AI tidak akan mengikuti alur sejarah. Opsi custom game rule juga dapat dipakai pemain untuk mengontrol alur sejarah yang dibarengi AI untuk menyiapkan skenario permainan yang dikehendaki.


  1. Banyaknya negara yang mampu diseleksi memberi pemain berbagai opsi dalam bermain. Setiap negara memiliki isi konten, tingkat kesulitan, keunggulan dan kekurangan yang berlainan. Meskipun pemain hanya melihat map yang serupa pada setiap permainan, namun setiap permainan dapat terasa berbeda dengan setiap negara.


  1. Map HOI4 berukuran besar dan didesain secara detail. Setiap daerah di dunia memiliki tantangan tersendiri. Taktik yang mampu bekerja di satu tempat belum pasti mampu melakukan pekerjaan di daerah lainnya. Asia tenggara yang sarat hutan tidak mampu memuat divisi sebanyak dataran rendah Eropa. Jika taktik di medan Eropa diterapkan di Asia tenggara, maka divisi akan kekurangan suplai dan menjadi lemah.


  1. Adanya opsi dalam riset, doctrine, dan komposisi militer serta pemerintahan memberi pemain aneka macam pilihan dalam memilih gaya bermainnya. Jika pemain bosan bermain dengan infantri dan artileri, mereka dapat mencoba taktik yang berkonsentrasi kepada tank dan angkatan udara.


  1. Terdapat beberapa konten tersembunyi seperti cabang focus tree, formable nation, dan pemimpin negara. Konten ini ialah reward dan insentif bagi pemain yang suka menjajal aneka macam pilihan dalam HOI4


 
Trial of Allegiance 
DLC modern HOI4 yang menyertakan konten pada negara-negara Amerika Selatan

  1. HOI4 sering mendapat update dan DLC dari Paradox. DLC biasanya dirilis sekali setahun, dan senantiasa dirilis serentak dengan update gratis yang menambah konten dan fitur dalam game. Selama ini, 10 DLC telah dirilis untuk HOI4.


Kaiserreich : Legacy of the Weltkrieg

Mod total conversion ini membayangkan dunia jika Perang Dunia I dimenangkan oleh Jerman


  1. Paradox menyediakan perlengkapan untuk pembuat mod terhadap pemain HOI4. Saat ini, komunitas HOI4 sudah meng-upload lebih dari 48 ribu mod di Steam Workshop. Mod yang tersedia dapat berupa aksesori konten, perbaikan, sampai mod total conversion. Mod total conversion mengubah game HOI4 secara keseluruhan, mulai dari opsi negara beserta kontennya, setting, fitur, aturan main, hingga artstyle dan musik. Konten dalam mod total conversion kerap kali lebih banyak dibandingkan konten dalam game dan DLC resmi, sampai terasa mirip game yang berlainan. 


Sami

Releasable nation yang ialah jajahan Swedia, Finlandia, Norwegia, dan Uni Soviet


  1. Beberapa negara merupakan “releasable nation”. Negara-negara ini awalnya ialah kawasan jajahan negara lain, namun mampu diberikan kemerdekaan. Pemain juga dapat bermain selaku negara ini. Jadi negara yang dapat diseleksi tidak hanya sebatas yang ada di awal permainan.


  1. HOI4 mempunyai soundtrack yang bermacam-macam dan lezat untuk didengar. Soundtrack HOI4 terdiri dari banyak sekali musik brass orchestral dan cover lagu militer dari banyak sekali negara. Beberapa soundtrack juga menjadi tema negara tertentu dan menginkorporasikan gaya musik dari negara itu, menambah rasa gembira pemain terhadap negaranya.


Tank Designer

Tank Designer ialah fitur yang dirilis pada DLC No Step Back. Fitur ini memperluas fitur "create variant" bagi tank. Dengan fitur ini, pemain dapat merancang tank yang digunakannya menggunakan unsur yang dikembangkan melalui riset


  1. Fitur "create variant" memberi pemain kemampuan untuk memodifikasi tank, kapal, dan pesawat biar performanya sesuai keinginan pemain. Setiap kendaraan dapat dimodifikasi biar kemampuannya lebih baik dengan embel-embel biaya bikinan. Create variant merupakan fitur pelengkap selain riset bagi pemain yang ingin kebebasan lebih untuk membangun militernya. Fitur ini diperluas dalam beberapa DLC menjadi fitur "designer".
     

Socializer (SC)


  1. HOI4 menawarkan mode multiplayer, dimana beberapa pemain dapat mengatur negara-negara berbeda dan bermain bareng , baik sebagai teman maupun lawan. Suasana sejarah yang imersif menciptakan acara roleplay bersama pemain yang lain semakin mengasyikkan.


  1. Membentuk faction dengan negara lainnya memungkinkan banyak sekali negara untuk bekerja sama. Fitur ini lebih mengasyikkan dalam multiplayer dengan anggota faction sesama negara yang dikendalikan oleh pemain.


  1. Aksi diplomasi “send volunteer” memungkinkan negara mengantarsebagian kecil militernya untuk menolong negara lain dalam peperangannya walaupun negara tersebut tidak dalam faction yang sama dan negara pengantarbukan partisipan perang tersebut.


  1. Aksi diplomasi “lend lease” memungkinkan sebuah negara mengantarequipment gratis ke negara lain yang sedang berperang. Dengan ini, maka negara kaya dapat menolong negara miskin tanpa ikut serta pribadi dalam pertempuran.


  1. Aksi diplomasi “send garrison support” memungkinkan sebuah negara mengantartentaranya untuk membantu okupasi daerah negara lain dan mencegah pemberontakan. Aksi ini ialah cara bagi negara dengan populasi besar untuk menolong sekutunya.


  1. Pemain dapat menunjukkan medal, ribbon, dan award yang dimilikinya kepada pemain lain pada Career Profile.


Killer (KL)


  1. Peperangan ialah hal yang sangat berisiko di HOI4. Setelah perang dimulai, sulit menerima potensi berdamai tanpa mengalahkan semua negara musuh. Akan tetapi, ada kepuasan yang diperoleh dari mengalahkan negara yang sebelumnya telah menjadi bahaya.


  1. Tidak semua negara di HOI4 mulai dengan kekuatan yang serupa. Awalnya, ada negara yang kuat dan ada yang lemah. Pemain mampu merasa puas mendominasi aneka macam negara lemah selaku negara berpengaruh. Sebaliknya, pemain juga dapat memperoleh kepuasan bertumbuh selaku negara lemah hingga dapat mengalahkan negara besar lengan berkuasa.


  1. Pemain mampu menemukan rasa puas dengan mendirikan negara puppet. Negara yang sebelumnya menjadi musuh dipaksa membantu negara pemenang, baik secara ekonomi maupun militer, serta mengikuti ideologi penakluknya.


  1. Tersedia fitur console command yang dapat dipakai untuk mengedit suatu permainan sesuai harapan pemain. Secara simpel, console command mampu digunakan sebagai cheat bagi pemain yang ingin permainan yang lebih mudah atau untuk menangani bug.


Not Fun (NF):

  1. Kecepatan waktu dalam game dapat dipercepat, diperlambat, atau di-pause supaya interaksi pemain dengan fitur-fitur game lebih tenteram. Fitur ini sungguh menolong karena banyak mekanik memerlukan pemain untuk menunggu.


  1. Banyaknya hukum dalam HOI4 dapat menjadikan pemain melalaikan fitur-fitur tertentu. Akan tetapi, adanya notifikasi mengingatkan pemain jikalau ada persoalan urgen yang harus dituntaskan, mirip mengawali riset atau national focus.


Secara keseluruhan, Hearts of Iron IV ialah game yang sesuai untuk penggemar sejarah dan game seni manajemen. Fitur dan mekanik yang menarik beserta atmosfer yang imersif menciptakan pengalaman bermain yang menantang dan mengasyikkan. Terlebih lagi, konsentrasi HOI4 dalam memberi keleluasaan terhadap pemain untuk mengikuti jalur alternate history mendorong pemain untuk mengeksplorasi setiap pilihan dan skenario, sehingga pemain kembali untuk menikmati game ini lagi dan lagi.


Screenshot



Peta Dunia pada Start Date 1936


Mempertahankan Kota Warsaw dari Serangan Nazi

Warszawo, Walcz! 


Perang Italia-Ethiopia

Perang bersejarah ini yakni satu-satunya perang yang terjadi di permulaan permainan pada start date 1936

 

Perang Saudara Jerman

Perang ini terjadi antara Pemerintah Nazi dan Pemberontak Monarkis yang ingin merestorasi Kaisar Wilhelm II. Ini ialah salah satu skenario alternate history dalam HOI4.

 

Intelligence Agency

Intelligence Agency ialah cabang militer ke-empat yang dirilis pada DLC La Resistance. Intelligence Agency memungkinkan negara mengirim agen ke negara lainnya untuk mendapatkan info dan melakukan sabotase.


 

Trailer


https://youtu.be/F-uGP2DkZKE?feature=shared


Gameplay Demo


https://youtu.be/AH3OGt6wbdQ?feature=shared


Link Steam


https://store.steampowered.com/app/394360/Hearts_of_Iron_IV


Penulis Artikel


Nadiev Azis Rauf

NRP 5007211140

Posting Komentar untuk "Hearts Of Iron Iv"