Don't Starve Review
Judul : Don’t Starve
Tanggal rilis : 23 April 2013
Genre : Survival
Tema : Horror, Fantasy, Adventure, Action
Platform : PlayStation 4, Android, Nintendo Switch, iOS, yang lain.
Developer : Klei Entertainment
Publisher : 505 Games
Official Site : http://www.dontstarvegame.com
Deskripsi
Don’t Starve ialah game petualangan yang Open World. Kita sebagai seseorang yang terdampar di sebuah pulau yang gila. Banyak sekali mahluk-mahluk unik dan angker di pulau itu. Semua kegiatan yang kita lakukan, akan membuat event-event yang unik. Contoh, apabila kita menebang pohon secara terus menerus tanpa menanam bijinya maka suatu ketika aka ada monster pohon raksasa yang marah dan mengejar-ngejar pemain selamanya hingga pemain menanam 1 pohon.
Pemain dituntut untuk bertahan hidup di pulau tersebut hingga akhir hayat menjemput. Pemain mampu memanfaatkan segala sumber daya yang ada untuk sandang, pangan dan papan. Sandang dapat diperoleh dari dedaunan dan bulu hewan. Pangan mampu diperoleh dari buah-buahan dan daging binatang. Untuk papan, pemain mampu mempergunakan bebatuan, kayu, dll.
Berikut cara bermain Don’t Starve :
Sebelum memulai bertahan hidup pemain harus menentukan karakter terlebih dahulu. Tiap aksara mempunyai kemampuan unik. Contoh huruf robot tidak perlu makan untuk bertahan hidup, tetapi akan rusak jika terkena air terus menerus. Karakter wanita berambut pirang memiliki saudara gaib yang menemaninya sehabis dia mati. Karakter wanita berkacamata mempunyai wawasan yang sangat banyak sehingga mampu dengan gampang membuat sebuah alat untuk bertahan hidup, dan lain sebagainya.
Dalam bermain Don’t Starve terdapat beberapa bagian, adalah :

Bar Pengetahuan :
Bar ini terletak di bagian kiri. Di dalamnya terdapat resep-resep alat yang digunakan untuk bertahan hidup. Tidak semua alat dapat dibentuk, tergantung pengetahuan dari pemain yang terus berkembang. Biasanya untuk menambah wawasan, pemain harus membangun science machine.
Bar Inventory :
Bar ini berisi benda-benda yang kita dapatkan di alam. Benda tersebut mampu berupa makanan dan alat-alat. Letaknya ada pada bagian bawah layar. Pemain tidak dapat menyimpan benda melebihi kapasitas yang ada. Untuk masakan, apabila tidak disantap dalam waktu yang lama akan membusuk.
Bar Status :
Bar ini berisi status dari pemain. Statu tersebut antara lain, tingkat kelaparan (dilambangkan lambung), nyawa (dilambangkan hati) dan tingkat depresi (dilambangkan otak).
- Lambung.
Lambung membuktikan tingkat kelaparan pemain. Untuk menguranginya pemain pastinya mesti makan.
- Hati.
Hati menunjukan nyawa kita. Apabila nyawa kita habis, berarti permainan akhir. Untuk menghidari hal tersebut, hindari acara yang membahayakan. Misal bertarung dengan hewan liar, bermain dengan api dan lain-lain.
- Otak.
Otak menerangkan tingkat stress pemain. Dalam bertahan hidup di dunia yang menyeramkan, pemain pastinya akan merasa tertekan. Apabila tingkat frustasi sungguh tinggi, biasanya akan timbul halusinasi bayang-bayangan yang meyeramkan dan pandangan yang semakin gelap. Jika terlalu sering bertemu halusinasi dan tidak segera dituntaskan, maka halusinasi tersebut mampu menyerang pemain dan game over. Untuk menghindari hal tersebut, pemain mampu memanen bunga, makan bunga dan menggunakan topi bunga.
Bar Waktu :
Terletak di pojok kanan atas. Bar ini menawarkan usang bertahan hidup pemain. Selain itu, kafetaria ini juga memberikan pembagian waktu pagi, sore dan malam. Apabila waktu berada di area malam, pemain diwajibkan membuat penerangan. Hal ini dijalankan selaku penerangan dan menghindari serangan hewan buas di malam hari.
Theory of Fun :
- Achiever : Ketika berhasil bertahan hidup dengan waktu yang lama 30 – 40 hari
- Explorer : Map yang sungguh luas dan terdapat hal unik yang berlawanan di setiap daerah
- Killer : Membunuh monster-monster yang ada.
Hal yang menciptakan menarik dari game ini ialah :
- Dunia yang sangat luas. Hal ini menciptakan saya ingin mengeksplore seluruhnya untuk menemukan hal-hal unik dan baru.
- Setiap beberapa hari tertentu, terdapat event-event unik yang tidak terduga. Misal kehadiran babi hutan ganas, ekspresi dominan salju, muncul monster raksasa dan lain-lain.
- Keinginan untuk bertahan hidup lebih usang, dan mempelajari kesalahan dari akhir hayat sebelumnya.
Aditya Dwicahyo – 05111540000087
https://www.facebook.com/AdityaDwicahyo21


Posting Komentar untuk "Don't Starve Review"