Ulasan Genshin Impact

Halo semua, kali ini saya akan mengulas salah satu game terbaik yang pernah saya mainkan, Genshin Impact.

Sebagai info, saya mulai bermain Genshin Impact pada versi 1.6 ialah pada bulan Juli. Bisa dikatakan saya baru bermain game ini hampir 3 bulan, jadi berikut ulasan saya.


Sumber gambar: mihoyo


Klasifikasi

Genre: Adventure, RPG

Tema: Negara dan Wilayah

Rating: Teen

Deskripsi

Genshin Impact ialah game RPG dengan mode open-world di mana pemain berperan sebagai tokoh utama yang akan menjelajahi dunia untuk menamatkan setiap quest dan mampu bertemu dengan saudaranya.


Story

Diawal permainan terdapat kakak beradik yang berpetualang bernama Aether dan Lumine. Di tengah petualangan tersebut mereka diserang oleh seseorang yang jahat, lalu menculik Lumine. Aether pun dibuat tidak sadarkan diri dan jadinya terbangun di Mondstadt, di sebuah dunia yang disebut sebagai Tevyat. Aether bertemu dengan Paimon, seorang makhluk kecil yang mampu terbang. Bersama dengan Paimon, Aether akan mencari Lumine.

Kemudian ia berjumpa dengan Amber, seorang ksatria Mondstadt. Di situ Aether bercerita tentang adiknya, dan dimulainya permainan yang menceritakan tentang asal-permintaan 7 wilayah yang dipimpin oleh 7 archon (tuhan elemental) yakni Anemo (angin), Geo (tanah), Electro (elektronika), Dendro (alam), Hydro (air), Pyro (api), dan Cyro (es). Pemain yang berperan selaku Aether harus menuntaskan semua permasalahan yang ada di 7 kawasan tersebut untuk mampu bertemu dan mendapatkan kembali Lumine yang berubah menjadi jahat.

Di sini, pemain bisa menentukan menjadi Aether atau Lumine, jika pemain memilih Lumine, maka dongeng yang diberikan berkebalikan.


Aturan Main Utama

Pemain harus menyelesaikan setiap quest yang diberikan. Mulai dari archon quest (inti dongeng), story quest (kisah sampingan huruf), world quest (dongeng orang-orang sampingan), dan commission quest. Setiap quest mempunyai mekanisme yang berlawanan, ada yang mengharuskan bertarung, mengolah masakan, menghimpun materi-materi (eksplorasi), crafting, menuntaskan puzzle, dan sebagainya.

Pemain akan mendapatkan beberapa karakter gratis sehabis menuntaskan quest tertentu, selebihnya pemain bisa menerima huruf lewat mekanisme yang disebut selaku wish atau undian yang berbayar kalau ingin menerima aksara atau bahkan senjata bintang 5 (terbaik). Selain berbayar, huruf juga mampu melakukan wish secara gratis bila menyelesaikan misi tertentu dan menerima 160 primogem (satuan untuk wish).

Dalam rangka menyelesaikan quest tertentu yang terhitung sulit, karakter harus melaksanakan upgrade aksara, senjata, artefak (properti pada abjad), constellations, dan talent. Paduan parameter-parameter tersebut biasa disebut build dan bisa dikustomisasi oleh pemain, ingin memainkan aksara tersebut mirip apa.

Untuk mampu melakukan upgrade tersebut, pemain mesti mengikuti aneka macam macam mekanisme yang ditawarkan oleh game, mulai dari memasuki domain (dungeon), menghadapi bos elemental, menghadapi bos wilayah, memancing, mengolah masakan, menyelesaikan achievement, dan melaksanakan eksplorasi kawasan untuk mendapatkan item-item selaku syarat dari upgrade.

Aturan main dari game ini terbilang kompleks alasannya pemain mampu mengeksplorasi ingin bermain mirip apa. Oleh alasannya adalah itu ditawarkan banyak sekali macam skenario yang tidak terhitung jumlahnya.


Skenario

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, game ini mempunyai banyak sekali macam skenario yang sungguh kompleks. Setiap dongeng yang dibawakan memiliki alur yang serupa, namun dalam mencapai alur tersebut mampu melaksanakan hal-hal yang berbeda, semua dibawakan bebas oleh pemain.


Kenapa aku bilang ini terbaik?

Dari beberapa game yang pernah saya mainkan, game ini aku bilang selaku terbaik sebab kompleksitas pengembang dalam menciptakan game ini. Untuk pemain yang lebih senang bermain game kalem dibandingkan kompetitif seperti aku, game ini bisa menenteng ketenangan dan kesenangan. Berikut beberapa poin yang aku rasa menjadi pertimbangan game ini terbaik.

1. Cerita

Menurut saya, cerita pada game ini terbilang kompleks, tiap abjad memiliki dongeng masing-masing yang berhubungan dengan dongeng inti. Dimulai dari sejarah tiap archon (dewa) perihal adanya perang archon di jaman dulu yang menyebabkan pengaturan wilayah yang sekarang dipegang tiap archon, lalu adanya fatui yang ialah kalangan antagonis yang dipimpin oleh Cyro Archon. Cerita dari tiap archon ini menjadi hal yang menawan karena di luar dongeng tokoh utama yang kelihatan kecil, terdapat dongeng yang lebih besar. Kematian para archon orisinil pada ketika perang archon yang kemudian digantikan oleh archon penggantu menjadi hal yang mempesona juga. Pasalnya archon orisinil dapat menyebarkan kekuatannya yang disebut sebagai vision, sementara archon pengganti malah mengambili vision orang lain biar tidak lebih berpengaruh dari archon tersebut. Selain vision ada yang disebut sebagai delusion adalah kekuatan derma yang diberikan oleh Fatui sehingga pengikut kelompok Fatui khususnya 11 Fatui Harbinger mempunyai dua kekuatan, vision dan delusion.

Selain itu setiap archon ini memiliki julukan masing-masing mempunyai julukan mirip archon anemo yang disebut selaku God Of Freedom atau archon geo yang disebut God of Contracts. Setiap archon mempunyai dilema atas yang kadang berkebalikan dengan julukan tersebut. Di sini lah pemain berupaya untuk menyelesaikan tiap masalah-persoalan tersebut.

Cerita yang kompleks dan memiliki keterkaitan antar cerita menjadi alasan utama game ini saya sebut selaku game terbaik.

2. Grafis

Sebagai penyuka grafis game, saya tidak menghindarbahwa grafis pada Genshin Impact ini sangatlah indah, walaupun ukurannya yang sekitar 15GB, walaupun game ini belum komplit (baru 3 per 7 daerah yang terbuka) sehingga bisa dibilang sangat besar, aku rela mengosongkan memori aku untuk bisa melihat-lihat panorama yang ada di game ini.

Banyak tebing, air mancur, pulau terbang, dan aneka macam macam daerah lain yang menurut aku sungguh indah untuk dilihat. Selain itu setiap wialayah mempunyai ciri khas diambil dari negara tertentu. Misalnya Mondstadt yang dikontrol oleh anemo archon mengambil tumpuan dari Jerman, sehingga rumah-rumah dan gedungnya terlihat seperti, atau Liyue yang dikontrol oleh geo archon yang mengambil referensi dari China, atau bahkan yang baru saja terbuka, Inazuma yang dikontrol oleh electro archon yang mengambil acuan dari Jepang. Hal tersebut menjadi nilai tambah untuk grafis dari game ini sebab aku jadi bisa mempelajari perihal budaya setiap negara yang disimulasikan pada game ini.

Meskipun saya hanya bisa memainan game ini pada grafis medium dengan 30FPS, aku masih bisa menikmati grafis game ini dengan menggembirakan tanpa merasa bosan. Apalagi adanya day night time yang mengganti-ubah panorama. Misalnya menyaksikan sunset di pantai ketika sore hari, atau menyaksikan sun rise dari puncak tebing pada pagi hari. Grafis game ini menjadi hal yang senangi dan membuat saya betah bermain game ini.

3. Sensasi

Lanjut ke alasan ketiga, seperti yang saya jelaskan sebelumnya, bahwa game ini bukan game kompetitif mirip Dota 2, Valorant, dan sejenisnya. Hal ini menawarkan sensasi bermain yang berlawanan, alasannya game RPG OpenWorld yang online mirip ini acap kali memberikan sensasi bermain yang berbeda. Saya pernah bermain Ragnarok X yang saya rasa kurang saya sukai sebab sensasi bermainnya berlawanan.

Dari situ aku bisa bermain dengan kalem, melakukan eksplorasi dengan lama dan mendalam, aku bisa memutuskan kapan mesti melanjutkan misi, atau saya bisa menetapkan kapan mesti menyerang bos. Dari sini aku bisa merasakan sensasi bermain yang betul-betul mengasyikkan. Banyak sekali hal yang bisa didapatkan di game ini dengan pelan, tidak perlu cepat-cepat. Apalagi rilis map baru pada game ini terbilang lama, mulai dari 8 bulan hingga 1 tahun.

4. Kontrol

Alasan berikutnya yakni kendali. Kontrol pada game ini terbilang mudah, saat melaksanakan battle atau berjumpa dengan musuh, saya bisa dengan gampang belajar. Adanya 5 macam senjata mulai dari claymore, sword, bow, polearm, dan catalyst. Dari kelima senjata ini, setiap huruf cuma memiliki satu jenis saja. Selain itu, terdapat dua macam skill yang dimiliki oleh tiap abjad di luar basic attack yang dimilikinya. Skill yang pertama yaitu skill elemental yang mempunyai cooldown dan mampu dipakai kapan saja, sementara satunya adalah skill ultimate yang mesti diisi energi dari skill elemental maupun basic attack.

Dengan mempelajari hal tersebut, saya dengan gampang memainkan huruf saya saat melakukan pertarungan. Di luar hal tersebut kontrol seperti wing gliding, memancing, memanjat, berenang, atau hal yang lain sangatlah mudah, bagi saya kontrol-kendali seperti itu bisa memperbesar kesenangan dari game ini.

5. Kebebasan

Kebebasan merupakan hal yang utama yang ada di game ini. Sebagai game open-world, game ini mempunyai kebebasan yang cukup banyak. Meskipun tidak sekompleks game lain, Genshin Impact saya rasa cukup open sehingga aku bisa melakukan berbagai macam acara di luar dari skenario game ini.

Seperti yang telah aku sebutkan sebelumnya, mulai dari memancing, wind gliding, memanjat, berenang selaku kontrol yang menggembirakan dan jadi kebebasan interaksi pada game ini.

6. Undian

Undian atau wish jadi salah satu cara game ini mencari penghasilan. Sebab undian yang berbayar ini bisa menerima huruf bintang 5 atau aksara lain. Selain dari wish, undian juga berlaku dalam mencari item di domain atau dikala melawan bos. Karena adanya unidan ini, saya bisa mencicipi kesenangan yang meledak ketika terus menerus mendapatkan item buruk dan akhirnya mendapatkan item bintang 5. Kesenangan ini menjadi salah satu hal yang dihentikan dilewatkan dari game ini.

7. Event

Event yang ada di game ini mengganti berbagai macam environment dan pengaturan wilayah, event ini didasarkan pada event yang ada di dunia aktual dan diadaptasi pada game, misalnya event tahun gres China yang diadaptasi di tempat Liyue dan ada misi-misi baru khusus event menyebabkan game ini kian mengasyikkan.

Itulah beberapa alasan saya mengapa game ini saya anggap sebagai game terbaik.


Fun Placement

Menurut aku, posisi fun dari game ini cukup banyak, aku coba bahas satu per satu.

Archiever

Salah satu fun yang diberikan yaitu adanya achievement mulai dari Adventure Rank, Level Character, Weapon Building, domain, spyrall abyss, dan Achievement itu sendiri. Di mana aku selaku pemain bisa menerima reward tertentu ketika meraih rank tertentu, atau melakukan sebuah prosedur tertentu yang menjadi achievement. Pada game ini sungguh banyak sekali achievement yang bisa didapat, baik dari sebuah quest atau event tertentu. Hal ini sanagt cocok untuk tipe pemain archiever yang suka mencapai sesuatu. Jika dilist maka akan terdiri atas:

- Grafis 3D yang memanjakan mata

- Audio ketika bertarung, dikala melayang, dikala mancing, dan ketika eksplorasi di sebuah daerah

- Pencapaian Adventure Rank

- Perolehan Character Rarity

- Upgrade Character Constellation

Upgrade Character Level

Perolehan Weapon Rarity

Upgrade Weapon Refinement

Upgrade Weapon Level

Perolehan Artefact Rarity

Upgrade Artefact Level

- Pencapaian Abyss Floor

- Jumlah Achievement

- Upgrade Statue Level

- Persentase Exploration Area

- Mengalahkan weekly boss

Explorer

Map yang sungguh luas, dan berbagai puzzle yang mampu di-solve membuat game ini cocok untuk pemain bertipe explorer. Mulai dari story-nya yang mempesona dan sungguh banyak, puzzle yang perlu berpikir dan eksplorasi, kawasan yang belum terbuka jika belum menjamah patung penanda, dan banyak sekali macam hal lain yang mampu menolong seseorang mendapatkan informasi baru dari game ini. Jika dilist akan terdiri atas:

- Adanya story utama adalah Archon Quest

- Story samping yaitu Story Quest

- Story bernuansa dating adalah Hangout Quest (multiple ending)

- Adanya Puzzle Solving untuk memecahkan misteri

- Penyelesaian World Quest

- Penyelesaian Daily Quest

- Pembukaan wilayah baru

- Cara mendapatkan item baru

- Kombinasi party yang pas

- Membangun pulau sendiri

Socializer

Sebagai game online, Genshin menawarkan showcase dan bermain co-op sehingga kita sebagai pemain mampu terhubung dengan pemain lain. Baik kita yang menuju map dari pemain tersebut, atau pemain lain yang menuju map kita. Selain itu adanya showcase huruf dan senjata mampu jadi penambah nilai kita ketika akan melaksanakan co-op alasannya adalah menaikkan kemungkinan kita untuk bermain co-op.

Jika dilist akan terdiri atas:

- Showcase Spyrall Abyss level

- Showcase rare character yang dimiliki

- Showcase damage per second yang ditemukan

- Pamer huruf dikala mode co-op dengan pemain lain

- Chat ketika mode co-op

Killer

Dalam game ini cukup banyak bos yang kuat dan sulit untuk dihadapi, namun bos ini mampu dihadiri kapan saja untuk melaksanakan tantangan. Dari sini, pemain tipe killer mampu mengekspresikan dendam atau emosinya. Untuk mengalahkan bos lain yang mungkin sebelumnya beliau belum pernah menang. Adanya tata cara pemain bisa mati alasannya adalah HP yang habis, memungkinkan pemain mampu menjajal tantang lagi dan lagi untuk mengalahkan bos tersebut.
Jika dilist akan terdiri atas:
- Weekly boss
- Ascension World Level


Screenshot

Berikut beberapa screenshot gameplay yang saya mainkan.


Saat aku melakukan wind-gliding (sumber: dokumentasi langsung).



Saat saya melaksanakan melawan bos elemental (sumber: dokumentasi eksklusif).



Saat aku menang dan menerima item (sumber: dokumentasi langsung).



Saat aku akan memasak (sumber: dokumentasi langsung).




Saat saya berkomunikasi dengan NPC (sumber: dokumentasi pribadi).



Saat aku eksplorasi untuk mencari item (sumber: dokumentasi pribadi).



Trailer Game




Demo Gameplay


Jika kalian tertarik untuk bermain game ini, kalian bisa unduh di sini. Ratingnya sedang anjlok alasannya adalah para pemain atau penggemar pemainnya sedang protes alasannya adalah kado 1st anniversary Genshin Impact dianggap terlalu kecil.

Nama: Muhammad Luthfi
NRP: 07211840000024

Posting Komentar untuk "Ulasan Genshin Impact"