This War Of Mine: Sudut Pandang Perang Yang Berlainan!

 

Review game terbaik

TITLE SCREEN/GAMBAR GAME


Source: https://gamemusic.net/wp-content/uploads/2019/06/This-War-of-Mine-3.jpg

DESKRIPSI

        
"In modern war you will die like a dog for no good reason"

        This War of Mine ialah game dengan Latar Belakang Perang. Namun berlainan dengan game bernuansa perang kebanyakan yang hendak memosisikan diri selaku anggota pasukan militer yang memang telah ahli mengangkat senjata dan bertempur untuk menundukkan siapapun musuh yang berusaha menghadang. Melainkan Memposisikan Anda selaku warga sipil yang terjebak diantara perang pasukan pemberontak yang menamai dirinya Vsyani Liberation Uprising  dan pemerintah. 

        Bertempat di kota fiksi berjulukan Pogoroen. Perang yang diprediksikan cuma berjalan selama beberapa bulan ini, apalagi dengan pasukan pemerintah yang telah mengepung di segi kota, ternyata berlangsung beberapa tahun. Dengan jalur distribusi masakan dan obat yang sudah diputus pemerintah dari luar, kedua unsur menjadi barang yang begitu langka di ibukota. Para masyarakatyang terjebak di dalamnya perlahan namun niscaya semakin melemah. Kelaparan, penyakit, dan kawasan tinggal menjadi resource yang sangat berharga.

Terdiri atas 3-4 main aksara yang mampu dimainkan secara bergantian untuk mampu membangun Tempat Tinggal (Shelter), Mencari resources, hingga Bertarung selama kita hidup dimasa perang


STORYLINE


Terjebak diantara perang berkecambung menciptakan masyarakat sipil juga bekerja keras untuk tetap bertahan dan menyanggupi kebutuhannya. Bertahan hidup menjadi kunci utama dalam perjalanan 
gameplay ini berlangsung dengan personalitas yang berlawanan dari tiap huruf yang akan dimainkan untuk menyanggupi kebutuhan dalam Supply baik bahan kuliner, bangunan, hingga obat-obatan. 

Dengan lebih dari 50 Jam penulis dalam bermain game ini, pada kesannya penulis mampu meruntutkan Waktu permainan yang terbagi dalam beberapa tahap seperti


ATURAN MAIN UTAMA


A. GAMEPLAY MEKANIK untuk STEAM VERSION
Semua acara dikendalikan semua dengan Mouse. Dimana abjad yang dipilih akan menuju titik/aktivitas yang telah ditentukan oleh player, seperti makan, menciptakan senjata, berkebun, tidur, bahkan pada ketika Bertarung dalam Mode Combat


















B. GAMEPLAY MEKANIK untuk IOS/ANDROID - *UPDATE
*Karena pada model TWoM yang pertama keluar sebelum update untuk versi device, UI sama persis mirip PC
Terdapat pergeseran interface pada Update This War of Mine versi Android/iOS dimana status kafetaria yang menggunakan penanda Gambar. Serta penggunaan waktu yang dibuat seperti stopwatch, dan tidak memakai penanada waktu digital

SKENARIO
Secara gameplay meskipun cuma mengedepankan Survival dalam bermain tetapi terdapat beberapa skenario case yang mau terjadi selama ingame berlangsung. Seperti random event dimana Player mungkin akan didatangkan oleh tetangga, orang sakit, atau playable abjad lainnya yang mungkin perlu Anda putuskan sebagai player untuk menentukan sikap yang hendak diseleksi. Meskipun secara alur dongeng tidak akan mempunyai dampak pribadi, tetapi segala pilihan yang Anda tentukan baik maupun buruk akan berpengaruh ke dalam Moral tiap aksara yang ada disana. Mereka akan bahagia atau justru akan frustasi

Selain itu, pada update-an modern untuk Anniversary Edition dimana mampu diunduh secara gratis apabila telah memiliki model biasa, terdapat beberapa skenario gres dimana lokasi looting, musuh, sampai ending yang gres untuk menunjukkan playable time yang lebih menarik bagi para pemain

Adapula 3 Skenario yang mungkin terjadi pada Anniversary Edition, ialah:
1. Bertahan Hidup Hingga Waktu Selesai
Waktu selesai terjadi ketika perang sudah mulai reda dengan Cuaca masbodoh ekstreme yang sudah kembali normal dan sengketa antar Tentara dengan Pemberontak sudah menurun

2. Kabur Bersama Penyelundup
Yaa.. Skenario ini juga hadir selaku opsi ending yang menarik untuk didapatkan. Dengan menyanggupi permintaan dari sang penyelundup untuk bahan-bahan tertentu dapat menyelamatkan kita dari Kota Pogoroen yang semakin berkecambuk

3. Mati ditengah bertahan hidup
Selain kesuksesan tentu skenario ini juga tak luput terjadi dikala semua pemain akan mati apabila tidak menyesuaikan dengan kebutuhan yang matang. Kebutuhan akan kuliner, obat, bahkan senjata. Terlebih dengan abjad yang bersifat Permadeath maka hal tersebut menjadi hal yang memungkinkan

ALASAN SEBAGAI GAME TERBAIK

1. KUALITAS VISUAL YANG UNIK
lewat sudut pandang side-view memberikan immerivitas yang lebih dalam meliputi keseluruhan aspek bangunan, serta gameplay yang dimainkan disana dengan mode gambar, yang mampu diubah menjadi lebih kartunis dan mempertebal garis-garis sketch seolah-olah bikinan pensil
        
2. SETIAP TINDAKAN MEMEILIKI KONSEKUENSI MASING MASING
Semua mempunyai konsekuensi masing-masing, seperti lapar jika tidak menerima masakan, mampu terluka, sakit, hingga karakter mampu kabur bila memeiliki tekanan yang begitu besar, yang kadang akang menghipnotis psikologis serta tampilan abjad yang lainnya


3. PENGUATAN MASING-MASING KARAKTER
Setiap karakakter yang ada memiliki latar belakang masing-masing, seperti ada yang merupakan guru SD, Polisi, anak kecil, sampai veteran perang. 
Hal tersebut pasti mempunyai kekhasan serta kemampuan masing-masing yang mesti dimanfaatkan sebagai kelebihan dalam bertahan hidup
4. KONDISI DILEMATIS YANG MENGGELITIK MORAL
Ditengah kemelut perang yang membuat makin susah dalam mencari keperluan, kadang akan menemui beberapa pilihan yang mewajibkan Anda untuk tetap Baik atau malah menjadi Jahat

5. DIBUTUHKAN PERENCANAAN TERSENDIRI
Keluar dari Shelter dan menuju kawasan-tempat untuk memperoleh Resources diperlukan persiapan yang diperhitungkan juga dengan limitasi pada tas bawaan yang dimiliki pasti harus dipetimbangkan pula apa yang mesti dibawa dan apa yang harus ditinggalkan

 

PLAYER PERSONALITIES
This War of Mine mempunyai player personality sesuai dengan Teori Kesenangan. Berikut ialah penjelasannya.

1. ACHIEVER

Tipe achiever ialah permainan yang ditunjukkan dengan adanya reward jika tercapainya sebuah misi atau perintah yang dimiliki. Reward dalam game kuat dalam berjalannya gameplay yang dikerjakan. Seperti yang diterangkan diatas bahwa setiap kegiatan akan memiliki konsekuensi masing masing untuk mampu diperoleh. Dengan kata lain kegiatan baik pasti akan menawarkan reward berupa aksara yang menjadi lebih senang, tidak mudah duka, secara movement akan besar lengan berkuasa terhadap huruf didalamnya.


Selain reward dalam ingame yang besar lengan berkuasa kepada gameplay permainan terdapat pula beberapa achivement yang mampu dikumpulkan player menjadi sebuah kebanggan yang akan terpampang diprofil STEAM atau GOOGLEPLAY mereka.
2. EXPLORER


Tipe explorer tipe akan bahagia jika menemukan sebuah hal baru di luar rutinitasnya. Hal tersebut di penuhi dengan sistem travelling yang disediakan game untuk dijelajah. Lokasi-lokasi tertentu memiliki karakteristik masing masing selain memperoleh hal-hal baru berbentukrandom event yang terjadi di map sana kadang kita juga akan menemukan 

Easter Eggs yang tentu menjadi hal yang unik untuk didapatkan. Mendatangi rumah sakit, pelabuhan, bahkan bandara dengan kisah masing-masing yang perlu diulik menimbulkan misteri tersendiri yang hendak bahagia untuk dipecahkan oleh player bertipe Explorer.
3. SOCIALIZER

Tipe Socializer yakni permainan yang ditujukan dengan banyaknya komuniasi sosial yang dilakukan dalam permainan. Dengan pendekatan dunia yang telah Catasthropic diambang kehancuran balasan perang, hal tersebut di hadirkan secara apik oleh developer dengan mendeliver tata cara bersosialisasi yang juga beradaptasi dengan lingkungan.

Berbeda dengan kekerabatan sosial kebanyakan, pada game ini memperlihatkan bahwa obrolan sederhana pun juga dapat mempunyai pengaruh terhadap kebahagiaan seseorang. Tanpa muluk-muluk dengan metode sosial yang kompleks justru mengakibatkan astmosfer tegang didunia ini jadi vocal point yang ada untuk dimanfaatkan selaku kelebihan. 

Hubungan sosial secara passive juga dihadirkan dengan mempesona tanpa disadari oleh pemain bahkan game setipe lainnya. Mengajak main dengan anak kecil, bermain gitar, membacakan dongeng, menyetel lagu symphoni diradio juga memberi dampak secara passive bagi huruf lain tanpa harus berinteraksi secara eksklusif berbarengan

SCREENSHOT

Dokumentasi eksklusif penulis. Dimana huruf memiliki seorang cucu yang menimbulkan interaksi sosial yang menunjukkan sang cucu yang tidak nyaman dengan keadaan perang dikala ini
RANDOM EVENT yang terjadi menghadirkan seorang anak yang kelaparan mengunjungi player untuk mendapatkan kuliner
VIDEO TRAILER
VIDEO GAMEPLAY


LINK TO BUY
or



Posting Komentar untuk "This War Of Mine: Sudut Pandang Perang Yang Berlainan!"