Tamat Fantasy Vi

 

Final Fantasy VI




Genre: Role-playing (RPG)
Tema: Fantasi
Rating: Teen (ESRB)

Game role-playing yang dikembangkan oleh Square (sekarang dikenal selaku Square Enix). Versi paling permulaan dari game ini diterbitkan untuk Super Nintendo Entertainment System (SNES) di tahun 1994. Sejak itu, port lain untuk Final Fantasy pun dibentuk seperti Playstation, Game Boy Advance, Android, dan iOS. Game ini merupakan game keenam dari seri Final Fantasy. Berlatar dunia dengan teknologi serupa Revolusi Industri Kedua, dongeng game fokus terhadap 14 abjad. Narasi dari game ini menggambarkan tema yang lebih sampaumur dibandingkan game-game Final Fantasy sebelumnya.

STORY

1000 tahun sesudah Perang Magi, sihir hilang dari dunia. Dengan penemuan besi, debu mesiu, dan mesin uap, orang-orang mulai memakai mesin untuk memenuhi keperluan hidup mereka. Namun, secara rahasia kekuatan sihir mulai dibangkitkan. Sekelompok orang telah bangkit untuk mengendalikan dunia dengan kekuatan sihir. Apakah umat manusia akan mengulangi kesalahan dari Perang Magi?

Awal cerita Final Fantasy VI mengikuti perjalanan Terra Branford, tentara Kerajaan Gestahlian yang dicuci otak untuk menangkap esper tersembunyi di kota Narshe. Terra gagal dalam melaksanakan misinya, namun ia terbebas dari kendali Kerajaan. Akan namun, Terra kehilangan ingatannya. Dia galau akan apa yang harus dilakukannya, apa posisinya dunia itu. Bersama seorang pemburu harta karun Locke, dia berpetualang untuk bergabung dengan kalangan pemberontak Returner menghadapi Kerajaan Gestahlian dalam ambisi mereka untuk mengendalikan dunia.

ATURAN MAIN

Seperti game Final Fantasy sebelumnya, gameplay Final Fantasy VI dibagi menjadi 4 mode: map overworld, map kota dan dungeon, battle screen, dan sajian screen.

  • Map Overworld
    • Cara Bermain
      • Bergerak atas bawah kiri kanan.
      • Menaiki airship.
      • Mengganti arah, ketinggian serta posisi airship.
      • Bergerak menuju lokasi tertentu dalam Overworld.
    • Aturan
      • Pemain tidak dapat bergerak melintasi daerah pegunungan atau tempat lautan.
      • Jika pemain menggunakan airship dan mencoba mendarat di kawasan daratan, airship akan mendarat. Sebaliknya pada kawasan lautan, pegunungan, kota, atau dungeon, airship tidak akan mendarat.
  • Kota dan Dungeon
    • Cara Bermain
      • Bergerak atas bawah kiri kanan menggunakan kendali arah.
      • Berinteraksi dengan NPC atau objek lainnya.
      • Bergerak menuju lokasi tertentu dalam Kota atau Dungeon.
    • Aturan
      • Jika pemain berjalan dan berhenti pada titik cahaya di lantai, mereka dapat memakai Tent atau menyimpan perkembangan game mereka (save).
      • Pemain tidak mampu melewati dinding.
      • Pemain tidak mampu melewati area tertentu sebelum menyelesaikan quest atau event tertentu.
  • Battle Screen
    • Cara Bermain
      • Mengisukan perintah untuk bertarung, mirip Attack, Magic, dan Item.
      • Kabur dari pertandingan.
    • Aturan
      • Pemain tidak mampu kabur dari beberapa monster, seperti boss dan elite enemy.
      • Karakter pemain cuma mampu diisukan perintah saat kafe ATB telah penuh.
      • Pemain dapat bebas memilih target dari perintah yang diisukan, baik itu sahabat maupun lawan.
      • Jika semua huruf dalam party "terlempar" keluar dari pertandingan, maka party dianggap kabur dari pertandingan.
      • Pertarungan dimenangkan saat semua musuh telah dikalahkan.
      • Game berhenti saat pemain kalah dalam pertandingan.
  • Menu Screen
    • Cara Bermain
      • Memilih anggota party.
      • Memodifikasi anggota party.
      • Mengatur performa permainan.
      • Mengatur mode pertandingan.
    • Aturan
      • Party mesti berisi paling sedikit satu karakter dan paling banyak empat huruf.
      • Pemain tidak dapat memodifikasi anggota party sementara (temporary party member).
      • Beberapa karakter tidak dapat diajari Magic.

KENAPA GAME INI TERBAIK

  • Jalan cerita yang menarik: Final Fantasy VI dimulai dengan sekuen terskripsi yang menjelaskan latar belakang dunia game serta pertentangan apa yang sedang terjadi. Pacing alur kisah game tidak lambat maupun cepat. Hal yang paling berkesan bagi saya ialah bagaimana Final Fantasy VI menggambarkan kekalahan dari para jagoan, bagaimana keputusasaan dan harapan diceritakan. Tidak banyak game yang dapat menciptakan pemainnya terpesona dalam ceritanya.
  • Desain latar belakang dan cerita abjad yang mempesona: Game ini tidak mempunyai protagonis utama. Tiap karakter yang mampu dimainkan mempunyai dongeng dan latar belakang tersendiri, tetapi mereka mempunyai tujuan yang sama. Cerita Final Fantasy VI kerap kali sedikit berbelok dari tujuan utama, namun belokan ini digunakan untuk menceritakan cerita tersendiri milik tiap huruf. Pemain mampu memilih untuk eksplorasi dongeng tiap abjad untuk mengenal mereka lebih lanjut. Desain ini menciptakan pemain dapat melihat perkembangan karakter yang membuat mereka unik dan ikonik. 
  • Modifikasi party dan huruf: Final Fantasy VI mempunyai 14 huruf yang dapat dipakai, tetapi cuma 4 abjad saja yang mampu dipakai dalam satu pertandingan. Desain ini membuka banyak kesempatan akan variasi huruf yang dapat membangun party yang cantik. Tidak hanya itu, pemain juga dapat memodifikasi huruf dalam hal menentukan sihir apa yang mampu dipelajari, status mana yang ingin ditingkatan, serta peralatan yang dipakai.
  • Soundtrack yang legendaris: Semua soundtrack dalam Final Fantasy VI dikomposisi oleh Nobuo Uematsu. Soundtrack-soundtrack ini merupakan satu dari banyak hal yang membuat game ini manis. Suasana pertandingan menjadi variatif, ada pertarungan yang ialah pertandingan biasa, ada yang ialah boss battle, dan ada juga yang mengindikasikan superboss. Selain soundtrack battle, soundtrack lain untuk dungeon dan kota menolong pemain berimersi dalam dunia game.
  • Open world. Setengah permulaan game penuh dengan alur cerita linear. Namun mendekati tamat game, pemain dapat mengeksplorasi banyak sekali daerah dalam map overworld. Opsi ini mampu memberi player huruf baru, perlengkapan legendaris, serta sihir-sihir tersembunyi. Pemain juga dapat memainkan aneka macam sidequest yang tersedia dalam game, melawan superboss maupun hidden enemy hanya dengan penjelajahan buta.
FUN
  • Achiever
    • Memaksimalkan level karakter
    • Melawan boss
    • Melawan tamat boss
    • Melawan superboss
  • Explorer
    • Mendapatkan semua karakter
    • Mendapatkan semua perlengkapan
    • Mempelajari semua sihir
    • Memainkan semua sidequest
    • Melawan semua monster, melengkapi bestiary
    • Bereksperimen dengan semua variasi party
    • Mendapatkan semua ending cutscene
  • Socializer
    • Tidak ada. Game ini tidak mempunyai fungsi sosialisasi dengan orang lain.
  • Killer
    • Wind God Bug
    • Vanish Doom Bug
    • Evasion Bug
    • Ultima Spell
SCREENSHOT

Overworld Map Final Fantasy VI (SNES)

Menu Screen Final Fantasy VI (SNES)

Battle Screen Final Fantasy VI (SNES)

Battle Screen Final Fantasy VI (Android/iOS)

CARA MENDAPAT GAME

Sayangnya, kini tidak ada model resmi mampu dibeli untuk dimainkan. Cara termudah untuk memainkan Final Fantasy VI yakni dengan mencari ROM dari game ini dan memainkannya pada emulator. Versi modern dengan nama Final Fantasy VI Pixel Remaster akan secepatnya datang untuk PC. Versi ini bisa dibeli melalui Steam.




Posting Komentar untuk "Tamat Fantasy Vi"