Stellaris

 

Game Review : Stellaris


Genre          : 4x, Grand Strategy
Platform     : Linux, MacOS, Windows, Xbox, Playstation 4
Rating         : 10+ (ESRB), 7 (PEGI)
Publisher    : Paradox Interactive
Developer   : Paradox Development Studios
Release       : 9 Mei 2016

Deskripsi
Stellaris ialah game grand strategy dikembangkan oleh Paradox Development Studio, yang menunjukkan pemain pengalaman yang luas dan imersif dalam eksplorasi serta penaklukan antar spesies alien di galaksi. Game ini berlatar pada galaksi yang dibentuk secara randomly generated oleh metode. Pemain berperan sebagai pemimpin peradaban, yang bermaksud untuk memperluas daerah mereka lewat diplomasi, jual beli, atau pertempuran.


Game ini memberikan keleluasaan untuk pemainnya dalam cara memimpin kawasan kekuasaan mereka. Pemain mesti mengamati hubungan diplomasi, sumber daya alam, reputasi, riset penelitian, hingga jumlah populasi untuk bisa bertahan di dalam game. Game ini merupakan simulasi yang realistis dikarenakan semua yang terjadi di game, terjadi secara real time mulai dari diplomasi sampai peperangan. Maka dari itu, opsi atau setiap tindakan yang pemain terapkan akan kuat kepada wilayahnya hingga galaksi secara besar.

Skenario
Stellaris ialah permainan yang mengingatkan kita selaku pemain kepada pertanyaan-pertanyaan yang mungkin tersirat saat kita menyaksikan angkasa luar. Pernahkah kita membayangkan apa yang terjadi jika kita tidak sendirian di alam semesta ? Apa yang harus dilaksanakan bila berjumpa dengan spesies atau makhluk hidup lain yang sungguh abnormal bagi kita ? Akankah kita akan berkomunikasi dengan mereka, lalu menerima dan hidup berdampingan dengan mereka ?

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Unity is the only way to achieve prosperity

Akankah kita justru akan waspada dan mengamati mereka dari kejauhan ?

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
There are no secrets that time does not reveal

Atau akankah kita melindungi rakyat dengan menjadi pihak yang pertama untuk menyerang ?

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Preemptive actions are the surest way to prevent any potential threats

Apapun outcome yang dipilih, Stellaris memperlihatkan pilihan untuk mensimulasikan semuanya secara real time. Pemain secara default akan mulai bermain di tahun 2200 di tata surya yang berisi banyak sekali macam planet tergantung keadaan dan spesies yang diseleksi. Pemain lalu akan mengeksplorasi tata surya lainnya dengan teknologi faster-than-light (ftl) untuk mencari sumber daya, teritori, dan hal-hal menawan lainnya. Tentunya juga akan ada berbagai tantangan dan event yang menawan di sepanjang eksplorasi tersebut.

Aturan Main Utama
I. Memilih jenis spesies, tata surya, dan kerajaan (empire)

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Machine Empire yang hidup di Ringworld

Stellaris memperlihatkan fasilitas dalam mengkustomisasi jenis empire yang pemain inginkan. Dengan lebih dari 80 spesies portrait, 17 etis (azas) pemerintahan, 7 tipe kekuasaan, sampai ratusan civic yang mampu digabung sesuai tipenya dengan bebas. 

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Empire Customization Menu

Icon yang terletak di kotak merah ialah panel yang digunakan untuk memodifikasi tampilan spesies dan karakteristik spesies (trait). Disini player bisa menentukan apakah spesies yang dipilih berumur panjang, mempunyai intelektual tinggi, atau mudah beradaptasi.

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Appearance Customization

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Species Trait Customization

Icon yang terletak di kotak kuning merupakan panel yang dipakai untuk menamai empire yang dipilih beserta tipe penampilan peradaban dan keadaan di setiap planet asal.

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
World Trait Customization

Icon yang terletak di kotak biru merupakan panel yang digunakan untuk menentukan tipe pemerintahan, asal mula spesies (origin), dan tampilan pesawat luar angkasa. Setiap origin memiliki jalan cerita masing-masing yang hendak menjinjing spesies pemain untuk petualangan yang fresh dan menantang di setiap permainan.

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Origin Customization

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Government Ethics Customization

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Ship Customization

Icon yang terletak di kotak orange ialah panel yang dipakai untuk memilih tipe pemimpin dari sebuah spesies. Di panel ini kita bisa memodifikasi keterampilan dari pemimpin tersebut dalam mengatur jalannya pemerintahan.

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Leader Customization

II. Menentukan Game Detail

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Game Details Customization

Pada panel ini tipe galaksi dikelola ukurannya, bentuknya, jumlah empire lainnya, serta difficulty-nya.

III. Early Exploration

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris

Player memulai dengan 1 science ship yang dipakai untuk mengeksplorasi tata surya yang belum pernah terjamah melewati hyperlane atau cabang yang bertindak selaku jalan antar tata surya mirip terlihat digambar diatas.

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris

Untuk menambah tata surya kedalam teritori mesti dibangun sebuah pos yang disebut starbase outpost. Pembangunan bangunan tersebut membutuhkan resources berupa alloy dan influence. Player bisa mengatur resources dengan membangun bangunan industri, agrikultur, dsb.

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris

Player bisa melaksanakan riset teknologi untuk mempercepat proses eksplorasi dan kolonisasi planet. Selain itu, riset juga mampu digunakan untuk memperbarui senjata untuk perang dan menciptakan buatan resources lebih efisien.

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris

IV. Diplomacy and Warfare

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris

Waktu bertemu dengan spesies lain, ada beberapa langkah-langkah yang mampu dilaksanakan. Player bisa berdamai dengan mengantarkan diplomat dan berdagang untuk mempererat hubungan. Player juga mampu berselisih dengan mengeklaim wilayah spesies tersebut serta memperburuk kekerabatan antar bangsa dengan sabotase espionase, dsb. Bila waktunya berperang, umumnya diharapkan casus belli untuk mengawali perang. Casus belli yaitu justifikasi yang digunakan untuk berperang dan bisa memilih tipe perang yang akan berjalan. Apabila casus belli nya yakni ideologi maka perang yang berjalan ialah perang suci antar spesies dimana yang kalah akan terpaksa mengganti ideologi mereka.

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris

V. Tradisi dan Ascension Perk

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris

Terdapat suatu fitur yang mampu menunjukkan buff terhadap peradaban spesies player adalah tradisi. Mengadopsi tradisi yang tepat akan membantu player untuk mengoptimalkan suatu aspek dalam empire mereka. Tradisi psionik akan bisa membuka indra spesies terhadap kekuatan supernatural sedangkan tradisi cybernetic akan bisa memajukan kemampuan spesies dengan derma mesin. Apabila player telah mengaktifkan semua level di suatu tradisi, mereka akan menerima ascension perk. Ascension perk yakni slot kesanggupan spesial yang akan membuat player mendapat banyak imbas dan faedah. Mulai dari membangun matter decompressor, sebuah megastruktur yang mengambil mineral dari lubang hitam hingga colossus, senjata berskala besar yang mampu merusak inti sebuah planet.

Mengapa Stellaris adalah Game Terbaik ?

Dua kata = Infinite Replayability

Saya telah bermain game ini hingga nyaris 2000 jam lamanya. Hal ini disebabkan alasannya adalah setiap kali saya membuka game ini, senantiasa ada pengalaman gres yang terjadi. Dengan banyaknya civic, origin, event, dan spesies di dalam game, selalu ada opsi untuk eksperimentasi dan mencoba hal-hal gres. Musik yang immersif menciptakan saya selalu termotivasi dalam bermain. Selain itu, penampilan perang luar angkasa, planet, serta objek ekstraterestrial lainnya menciptakan game ini terasa berlainan dibandingkan real time strategy lainnya, setidaknya dari segi visual.

Aspek Fun Game Stellaris
Achiever :
  • Player di steam mampu mendapatkan 170+ achievements
  • Mampu menaklukkan empire lain
  • Mampu membuat federasi yang mempunyai armada kuat dengan negara-negara tetangga
  • Mampu memproduksi resources yang melimpah hingga surplus
  • Mampu memenangkan satu ronde game stellaris (satu ronde stellaris patokan = 300 tahun in-game, ekuivalen dengan 15 jam)
  • Mampu membangun megastruktur yakni struktur berskala kolosal yang bisa memberikan laba mirip menambah sumber daya alam yang bisa diambil sampai memperbesar kapasitas armada nasional
 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Megastruktur Arc Furnace bisa mengembangkan jumlah mineral di satu Tata Surya

Explorer :
  • Player mampu mengeksperimen jenis/tipe empire yang ingin mereka mainkan
  • Galaksi stellaris berisi banyak anomali hingga situs peninggalan yang bisa dieksplor
  • Rasa Penasaran tentang spesies lain dan jenis interaksi apa yang harus dilaksanakan kepada mereka
  • Menemukan space leviathan yang bertindak sebagai optional boss
  • Menemukan tata surya, lubang hitam, sampai nebula dengan sumber daya alam yang unik
 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Sebuah anomaly event yang menginvestigasi portal dimensi lain

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Hasil eksplorasi yang berhasil akan menawarkan pemain terusan kepada senjata baru

Socializer :
  • Tersedia mode coop, serta multiplayer dimana player bisa melaksanakan roleplay
  • Komunitas mod yang aktif dan membuat lebih mudah interaksi antar player
  • Sistem Customization dapat membuat para pemain pamer tentang ras/spesies dan estetik empire mereka masing-masing
 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Contoh pemain mode coop menunjukkan empire dan spesiesnya

Killer :
  • Rasa senang kita memenangkan suatu perang/pertentangan
  • Ketika mampu menghancurkan planet lawan dengan colossus
  • Ketika mampu menaklukkan daerah spesies lain dan "membersihkan" spesies tersebut supaya planet-planetnya bisa dihuni spesies sendiri
  • Ketika berhasil menang melawan endgame crisis
 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Senjata Colossus sedang menghancurkan suatu planet

Screenshot

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Example of Galaxy Map during Midgame (2300)

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Galaxy Map during Endgame (2400)

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Uh oh...

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Fallen Empire Awakening due to Crisis

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
Ecumenopolis (City Planet) with fully upgraded Orbital Ring

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
A Fleet of Destroyers, Battleships, and Titan Class

 dikembangkan oleh Paradox Development Studio Stellaris
An Example of Species Portrait Mod

Game Trailer

Gameplay

Game Link

=============================================================
Made by : Eigiant Andarta Atmadja (5008201058)


































Posting Komentar untuk "Stellaris"