Plato: Match Monsters
PLATO: MATCH MONSTERS
KLASIFIKASI
Genre: Hybrid of match 3 & monster battling game
Tema: battling game
Game Developers: Matt Hackett & Chris Kocan
Monster Designer: Zerudez
Game Art: Ken Tan, Hoan Nguyen
Seller: Plato Team Inc.
Bahasa: English, Arabic, Filipino, French, German, Hindi, Indonesian, Malay, Persian, Portuguese, Spanish, Thai, Turkish, Ukrainian, Vietnamese
Rating: 18+
Tanggal Rilis: 2016
Platform: Android Google play, IOS App Store
DESKRIPSI .
Match Monsters ialah kombinasi dari game match-3 dan pertandingan monster (monster battling game). Game ini merupakan pertarungan player vs player secara live melalui aplikasi Plato. Pertandingan dilakukan dengan memperkuat monster yang diseleksi melalui pengumpulan Mana atau permata yang menjadi sumber nyawa (point HP) dari masing-masing pemain. Mana atau permata tersebut didapatkan dengan “memasangkan” permata satu dengan lainnya sampai membentuk campuran 3 buah permata atau lebih. Tujuan akhir dari game ini yaitu menyerang sampai menghabiskan nyawa (point HP) lawan main.
ATURAN MAIN
Starting the Game – Awal Permainan
Setiap pemain menentukan 2 monster untuk bertempur, namun pemain cuma dapat menentukan 1 monster dari setiap komponen (2 monster yang diseleksi tidak boleh berasal dari elemen yang sama). Ada 5 elemen utama pada Match Monsters yang memiliki keidentikan dalam hal kekuatan monster:
Fire - Merah: umumnya menyerang dengan lebih besar lengan berkuasa, tetapi condong membutuhkan permata yang lebih banyak (Mana) untuk menyerang lawan main.
Kuning - Electric: umumnya memerlukan permata yang lebih minim untuk menyerang sehingga memungkinkan pemain untuk melakukan penyerangan dengan lebih sering. Monster dengan elemen electric juga menyerang dengan mengambil beberapa permata yang tersedia secara acak.
Earth - Hijau: umumnya menyerang kemudian mempunyai kemampuan untuk memulihkan nyawa (poin HP bertambah kembalI).
Psychic - Ungu: umumnya menyerang dengan meminimalisir Mana (permata yang sudah dikumpulkan pemain untuk melakukan penyerangan) musuh main.
Water - Biru: biasanya menyerang lalu mengubah 2 atau lebih permata random menjadi permata water (berwarna biru) sehingga menolong pemain untuk melaksanakan penyerangan kembali.
Setelah monster diseleksi, pemain pertama dipilih secara acak. Pemain ke-2 berhak menerima bonus 5 HP (nyawa).
Gameflow – Alur Permainan
Setiap pemain dapat melakukan 2 gerakan per giliran, mirip yang ditunjukkan oleh permata “moves” di bawah:
Setiap pemain mendapatkan waktu sebanyak 30 detik dalam 1 “moves”. Ketika mendapat giliran untuk bergerak, pemain dapat menciptakan kecocokan dari permata yang ada dengan mengetuk atau memindah permata tersebut sehingga menciptakan 3 buah permata atau lebih berjejer secara horizontal atau vertical (match):
Apabila 3 buah permata atau lebih sudah “match”, permata tersebut akan menjadi alat untuk menyerang musuh sesuai dengan kekuatan monster yang dipilih. Sebagai pola, apabila monster yang dipilih yaitu monster dengan elemen fire, ketika 3 buah permata FIRE/MERAH telah “match”, pemain dapat menghemat HP lawan ditambah dengan kekuatan komplemen yang dimiliki monster terpilih.
Monsters & Mana
Seperti yang telah disinggung pada penjelasan di atas, setiap monster mempunyai elemen khusus yang diperintahkan kepada mereka. Ketika pemain menciptakan kecocokan/”match”, jikalau komponen tersebut sesuai dengan salah satu unsur monsternya, itu akan mengisi kafetaria Mana monster itu. Kadat kafe Mana monster penuh, ia akan secara otomatis menampilkan kesanggupan spesialnya:
Evolutions
Pemain juga mampu memperkuat dan menyebarkan monster dengan memberi mereka 4 Berry. Tentu saja hal ini akan menjadi laba tersendiri. Oleh sebab itu, pemain kadang kala mesti “berebut” untuk menerima berry yang tersedia dengan membuat berry tersebut “match” (berjejer secara vertikal/horizontal sebanyak sekurang-kurangnya3 buah).
End Game – Akhir Permainan
Game rampung saat HP salah satu pemain mencapai nol, sehingga pemain yang masih memiliki HPlah yang menang!
SKENARIO
Pada Match Monsters, terdapat beberapa stage atau lokasi permainan yang mengkondisikan beberapa keutamaan bagi pemain. Stage selain stadium tidak dapat diseleksi secara bebas oleh pemain, melainkan akan dikelola secara acak oleh system. Beberapa stage tersebut yaitu:
Abandoned Town: Jika monster evolving/berevolusi justru akan memulihkan 10 HP pemain.
Lava Caverns: Setiap pemain yang mencocokkan permata merah akan memperlihatkan 5 penghematan HP pada lawan walaupun monster yang digunakan bukan berasal dari unsur fire.
- Tranquil Falls: Permata unsur water akan diacak ulang setiap giliran/”moves”.
Forest Valley: Pada stage ini, hanya diperlukan 3 berry untuk evolve setiap monster. Pada stage yang lain, diharapkan sekurang-kurangnya4 berry.
Forvir Swamp: 1 permata akan ditutup/disembunyikan setiap “moves”. Permata yang ditutup ini akan bertandakan ‘?’ sehingga pemain harus mengenang kembali bagian/warna dari permata tersebut.
Frosset Lake: Permata yang baru saja “match” akan membekukan semua bagian/warna yang sejenis dengan permata tersebut. Permata yang beku ini tidak mampu digerakkan/digeser selama 1 kali “moves”.
Stadium: Tidak ada pengubah apapun dari system, sehingga tidak ada keutamaan tertentu. Stage stadion ini umumnya dipakai untuk pertarungan ranking maupun pertandingan berhadiah yang diselenggarakan plato.
ALASAN GAME INI TERBAIK
Challenging, Match Monsters ialah game player vs player secara live dengan pemain dari aneka macam negara.
Perlu seni manajemen, Match Monsters mampu melatih otak untuk menciptakan strategi yang baik.
Durasi setiap 1 ronde (round) tidak terlalu lama, sehingga pertandingan yang ada terasa lebih intens & tidak menjemukan.
Ada ranking yang menciptakan pemain merasa tertantang dan ingin terus mencoba.
Variasi monster yang memiliki aneka macam macam kekuatan dan keutamaan khusus.
Ada berbagai macam stage yang secara random dipilihkan system. Hal ini menciptakan situasi game variatif dan menggembirakan.
Sederhana, cara bermain Match Monsters tidak sulit untuk dipelajari.
Setiap memenangkan 5 pertarungan akan menerima 100 coins per hari. Coins yang ada mampu dipakai untuk berbelanja monster khusus ataupun “merch” lainnya.
Bisa chatting secara live dengan sobat maupun pemain dari luar negeri.
Graphic dan audio yang anggun mendukung situasi battle.
Tidak ada iklan.
LETAK KESENANGAN
Achiever
Setiap 5 kali menang menerima 100 coins yang mampu ditukarkan dengan monster baru (sekurang-kurangnya2750 coins).
Dengan menciptakan 4 atau lebih permata “match”, pemain dapat free “moves” sebanyak 1 kali.
Ranking mampu naik setiap kali menang.
Pertandingan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama sehingga pemain dapat bertarung dengan cepat dan eksklusif mendapatkan hasil (menang/kalah).
Stage tertentu akan menunjukkan keutamaan atau mendukung kekuatan bagi monster yang diseleksi. Misal: di stage Lava Caverns, saya akan lebih sering dan mudah menyerang musuh kalau saya memakai monster dengan unsur fire (merah).
Desain grafis dan audio yang bagus ikut membangun suasana battle.
Saya bahagia apabila aku mendapat giliran bermain duluan (diacak oleh tata cara), namun jika aku mendapat giliran kedua, saya tetap merasa adil alasannya otomatis mendapatkan 5 HP pemanis.
Saya bahagia dikala mampu mendapatkan berries atau permata secara gratis (pribadi diberikan metode).
Explorer
Terdapat banyak stages yang mengkondisikan permainan dengan keutamaan tertentu. Stage ini juga tidak mampu diseleksi secara manual oleh pemain, sehingga memperbesar rasa "explore" alasannya stage akan terus otomatis berganti setiap battle.
Banyak huruf monster yang mempunyai keunggulan masing-masing.
Setiap beberapa pekan, Match Monsters akan mendatangkan rare monster yang hanya dapat dibeli pada jangka waktu tertentu.
Berries mampu digunakan untuk evolve monster sehingga pemain mampu merasakan kekuatan perhiasan.
Setiap permainan bisa menggunakan 2 monster. Hal ini mampu menjadi sarana seni manajemen sekaligus eksplorasi kombinasi monster.
5 unsur yang berlawanan mempunyai kecenderungan kekuatan tersendiri. Saya bahagia mencoba mengkombinasikan kekuatan 2 bagian.
Socializer
Ada live chat dengan pemain lawan dari seluruh dunia.
Bisa saling menghadiahi monster dengan teman.
Bisa invite teman untuk bermain bersama.
Killer
Ada pertandingan musiman dengan kado tertentu.
Ada live ranking dengan pemain di seluruh dunia.
Berries membuat segi kompetitif meningkat alasannya adalah pemain dapat “evolve” monsternya sehingga mempunyai kekuatan yang lebih (upgrade kekuatan).
Player vs player secara live di seluruh dunia.
Didukung dengan adanya fitur chat (bisa mengembangkan sisi kompetitif).
Terdapat pemberitahuan “jumlah kemenangan terkini” di final permainan.
Membutuhkan taktik untuk memenangkan permainan dengan berbagai monster.
SCREENSHOT(S)
Tampilan dikala salah satu monster komponen earth (warna hijau) menyerang dengan menghemat 15 HP musuh sekaligus memulihkan nyawa pemain sebanyak 15 HP.
Tampilan aneka macam macam monster yang dapat dibeli.
Tampilan salah satu monster Electric dengan deskripsi kekuatannya, ialah meminimalisir hak jalan lawan sebanyak 1 kali.
Tampilan permata elemen yang membeku di stage Frosset Lake.
VIDEO PLAY DEMO:
https://www.youtube.com/watch?v=Nnpuy0pqr-c
https://www.youtube.com/watch?v=tCEdBGunkE4
https://www.youtube.com/watch?v=zw1MX0IbWPA
LINK MENUJU GAME:
Website Resmi: https://platoapp.com/
Android (Google Play): https://play.google.com/store/apps/details?id=com.plato.android
iOS (Apple Store): https://apps.apple.com/app/plato-play-chat-together/id1054747306?ls=1
REVIEWED AND POSTED BY
Michella Esterina Kadim 08411940000020
Posting Komentar untuk "Plato: Match Monsters"