Moonlighter : Game Rpg Sekaligus Berlatih Manajemen Bisnis
Moonlighter Review
Platform : PlayStation 4, Nintendo Switch, Xbox One, Microsoft Windows, Linux, Sistem operasi Macintosh,Mac OS Klasik
Genre : Action-RPG, Business Simulation
Tema : Fantasy
Rating : Everyone 10+ (ESRB)
Deskripsi dan Story Moonlighter
Moonlighter adalah sebuah game action RPG dengan unsur rogue-lite yang menceritakan ihwal seorang pengurus toko bernama Will, yang bermimpi untuk menjadi seorang jagoan.
Disebuah dunia, suatu reruntuhan yang berisikan labirin yang sarat dengan barang-barang asing dan makhluk-makhluk dari dunia lain, timbul di dunia tersebut. Reruntuhan tersebut diberi nama 'The Dungeons' oleh orang-orang yang menjajal menjelajahi reruntuhan tersebut.
Melalui penjelajahan dan perolehan barang-barang di reruntuhan tersebut, terbentuklah suatu desa dengan nama Rynoka selaku kawasan mereka berkumpul. Ada dua tipe penduduk yang ada di desa Rynoka, ialah pahlawan dan pedagang. Pada awalnya mereka berfokus pada pengakuan/popularitas, dan kemudian beralih untuk mengumpulkan emas.
Setelah 70 tahun setelah keberadaan 'The Dungeons', reruntuhan tersebut tidak menawarkan banyak faedah sebagaimana mulanya dan menciptakan hidup menjadi lebih sukar, apalagi untuk toko tertua di Rynoka, Moonlighter dan Will, pemilik termuda dari toko tersebut.
Untuk dapat meneruskan hidupnya, Will menjelajah 'The Dungeons' untuk mengalahkan monster dan mendapatkan barang-barang untuk lalu dijadikan sebagai barang barang jualan di tokonya, Moonlighter.
Aturan Main dan Mekanisme Moonlighter
Moonlighter terfokus terhadap dua hal, selaku 'corenya', Moonlighter yaitu suatu action rogue-lite yang berfokus pada combat, looting, dan penjelajahan labirin yang digenerate secara prosedural, yang artinya, rute dari dungeon tidak pernah sama setiap kali mencoba untuk memasuki dungeon tersebut.
Tetapi, supaya abjad mampu menjadi lebih berpengaruh dalam tujuan untuk menjadi pendekar sehingga bisa menjelajahi dungeon lebih dalam, pemain membutuhkan emas selaku mata uang dari dunia tersebut, dalam jumlah yang tak sedikit. Untuk mendapatkan emas, pemain perlu menjual barang-barang yang mereka temui dari dungeon baik dari mengalahkan musuh ataupun dari tumpukan-tumpukan yang terdapat di dalam dungeon, kemudian secara bijak mengelola uang yang didapat baik untuk mengembangkan toko agar lebih gampang dalam menjual barang dan menerima duit, untuk menciptakan persenjataan, ataupun mengembangkan bangunan-bangunan yang ada di desa sebagai fitur yang dapat membantu pemain untuk menjadi lebih kuat.
Selain itu, Moonlighter lebih terkonsentrasi ke progres abjad yang permanen, sehingga menciptakan gameplay yang lebih strategis dan lebih usang serta terfokus ke eksplorasi, manajemen dan combat.
Berbagai tingkat kesulitan
Moonlighter memiliki 5 pintu dungeon yang mempunyai lingkungan/environment berlawanan dari setiap dungeonnya, dari dungeon pertama hingga dungeon ke lima.
Monster dari dungeon pertama mempunyai hp yang lebih sedikit dan akan memperlihatkan damage yang lebih minim dibanding monster yang ada di dungeon kedua, dan seterusnya hingga dungeon kelima dimana simpulan boss berada.
Untuk melakukan upgrade pada persenjataan, kita membutuhkan emas, yang diperoleh lewat pemasaran barang dari dungeon di toko kita, dan dengan menghimpun barang yang dijatuhkan lawan yang spesifik di dungeon tertentu dan musuh tertentu, yang menyertakan kesusahan untuk progress di game ini dengan gampang.
Selain itu, player mempunyai dua jenis inventory pada characternya, yaitu body inventory dan bag inventory. Perbedaannya sungguh mudah, ialah dikala player mati didalam dungeon, item yang dikumpulkan dan terletak inventory akan terjatuh dan hilang selamanya sementara body inventory tidak. Sehingga player mesti waspada sekiranya mendapatkan drop item yang cukup langka untuk dijual dipasaran sehingga sayang bila harus hilang hanya sebab mati di dalam dungeon.
Namun, hal ini mampu terselesaikan dengan item permanen yang diperoleh dari dungeon, adalah item berupa charm diperoleh di dungeon pertama, dan item berbentuk cube di dungeon tingkat lanjut. Charm jikalau dipakai akan menteleportasi kembali player ke desa, Cube akan menciptakan portal yang bisa dipakai untuk kembali ke desa untuk menyimpan item drop yang sudah dikumpulkan di storage box toko, lalu portal tersebut dapat digunakan lagi untuk kembali ke titik di dalam dungeon kita menciptakan portal tersebut. Tetapi charm dan cube ini tidak serta merta mampu dipakai kapanpun kita mau, karena ada cost dalam penggunaannya, ialah dengan menggunakan emas. Kaprikornus jikalau player tidak menyimpan sejumlah duit untuk mampu menggunakan charm atau cube tersebut, mau tak maucara yang harus dijalankan player agar mampu kembali ke desa yakni dengan cara mati dan merelakan item drop yang telah dikumpulkan di bag inventory atau dengan mengalahkan boss di dungeon tersebut.
Meskipun penaltynya terdengar hardcore, player dapat membawa sejumlah potion yang dapat dipakai untuk memulihkan hp character atau dengan menggunakan area berupa kolam yang dapat memulihkan hp character, yang sesudah beberapa update di patch agar bak tersebut masuk ke status 'depleted' sehingga tidak bisa dipakai lagi sehabis memulihkan hp character sebanyak beberapa point.
Sehingga, kemampuan yang diperlukan player yakni kemampuan dalam mengorganisir harga pasar atas barang yang dijual serta mengorganisir emas yang diperoleh, lalu kemampuan untuk membaca pola dari serangan dari musuh dan boss tiap dungeon sehingga dapat meminimalisir damage yang akan diterima.
Kenapa menurut saya game ini terbaik ?
1. RPG dengan visual retro yang membuat nostalgia.
2. Konsep yang mempesona berbentukperpaduan RPG dengan item drop dan Simulasi Bisnis dengan pemasaran item drop ataupun melalui barang yang dibuat/ditempa.
3. Alur kisah mempesona yang menceritakan asal mula dan kenapa terciptanya dungeon dan monster di game tersebut.
4. Sistem perundingan pada saat memasarkan item drop memperbesar kesulitan dalam menemukan progress dalam game, baik item maupun achievement
5. Adanya komplemen kisah alternatif lewat fitur New Game+ sesudah menyelesaikan story game untuk pertama kalinya.
2. Konsep yang mempesona berbentukperpaduan RPG dengan item drop dan Simulasi Bisnis dengan pemasaran item drop ataupun melalui barang yang dibuat/ditempa.
3. Alur kisah mempesona yang menceritakan asal mula dan kenapa terciptanya dungeon dan monster di game tersebut.
4. Sistem perundingan pada saat memasarkan item drop memperbesar kesulitan dalam menemukan progress dalam game, baik item maupun achievement
5. Adanya komplemen kisah alternatif lewat fitur New Game+ sesudah menyelesaikan story game untuk pertama kalinya.
Satisfactory/Fun untuk 4 Tipe Player
Achiever
Untuk anda yang seorang Achiever, game ini menawarkan kesenangan kepada para pemainnya melalui upgrade senjata, upgrade toko, dan upgrade toko lain di desa sehingga player dapat mengalahkan dungeon dengan lebih gampang atau lebih baik. Jika anda membeli game ini lewat platform Steam, game ini akan memperlihatkan achievement setelah menemukan hal-hal tertentu, tentu hal ini juga mampu memuaskan pemain sebagai hal yang mampu dipamerkan ke pemain lain dikala menge-check profil dari pemain tersebut.
Explorer
Meskipun beberapa reviewer mengatakan story game ini agak flat, game ini memperlihatkan fitur New Game+ sehingga bila pemain kurang puas dengan ending story pada dikala pertama kali menuntaskan game tersebut, pemain mampu bermain kembali demi melihat story embel-embel yang ditawarkan pada New Game+.
Selain itu didalam dungeon terdapat beberapa hidden room yang diindikasi kan dengan jurang yang mengeluarkan 'shine' effect, sehingga pemain perlu dengan cermat menyaksikan setiap jurang di dalam dungeon apakah ruangan tersebut memiliki access ke hidden room atau tidak, meskipun aku melakukan hal ini dengan iseng untuk sengaja fall ke masing-masing jurang dan harus menerima fall damage kalau jurang tersebut bukan access ke hidden room.
Kemudian juga pemain mampu menenteng dua persenjataan yang terdiri atas 5 jenis yang dapat diswap dengan mudah memakai satu tombol sehingga membuat eksplorasi dungeon dan membaca teladan serangan lawan jadi lebih menarik.
Saat menjual barang, mengetahui harga pasar atas barang yang kita jual pun juga memberikan kepuasan tersendiri bagi para pemain, sebab emoji yang ditimbulkan pembeli saat membeli barang yang kita tawarkan akan tercatat di logbook kita, sehingga kepuasan ketika dapat memasarkan barang dengan harga yang pas ataupun harga yang lebih mahal tetapi masih dapat diterima oleh pembeli pun mampu menjadi kepuasan bagi para pemain.
Killer
Karena game ini yaitu Action-RPG, maka kata matipun akan sangat familiar oleh para pemain, momen saat damage yang kita berikan dengan persenjataan yang kita punya dan wawasan atas teladan serangan lawan akan menciptakan kepuasan sendiri dikala momen ini terjadi.
From not Fun(NF)
Penalty permanent item drop ketika kita mati di dalam dungeon akan sangat meresahkan bagi pemain-pemain yang gres awal bermain game ini, sehingga game ini terlihat seperti mirip hardcore game Namun unek-unek itu akan hilang seiring waktu pemain menemukan informasi bagaimana pola serangan musuh serta bagaimana cara mengontrol emas yang kita kelola sendiri agar dapat menggunakan item untuk kembali ke desa tanpa perlu mati ataupun melawan boss. Saya sebagai pemain dari game ini merasa puas sehabis mencapai momen tersebut.
Gameplay Demo dan Trailer
Where to get it?
Reviewer : MUHAMMAD HUSNI RIDHART AZZIKRY (05111740000122)







Posting Komentar untuk "Moonlighter : Game Rpg Sekaligus Berlatih Manajemen Bisnis"