Fallout: New Vegas

 

 bersama dengan permainan yang mengandung elemen RPG yang datang dan pergi dalam industri  Fallout: New Vegas

Fallout: New Vegas

Genre: Action RPG

Developer: Obisidian Entertainment

Publisher: Bethesda Softworks

Tema: Post-Apocalyptic/Pasca-Apokaliptik, Sci-Fi

Platform: PC (Steam), PS3, Xbox 360

Rating: PEGI: 18, ESRB: Mature (17+)

Selama beberapa tahun, telah banyak RPG, bersama dengan permainan yang mengandung komponen RPG yang datang dan pergi dalam industri video game, sehingga meninggalkan aneka macam jenis kesan yang mereka tinggalkan pada para pemainnya. Baik itu petualangan singkat 12 jam yang berfokus pada menawarkan pengalaman bermain yang menarik dari segi gameplay, tetapi tidak terlampau memperhatikan kisah itu sendiri, atau epos JRPG 60 jam yang memperlihatkan pengalaman bercerita yang tidak ada duanya, dengan gameplay yang cuma dianggap layak (kalau kadang-kadang tidak menyinggung), seluruhnya memiliki aspek khusus mereka sendiri yang dapat mempesona aneka macam jenis penonton dengan selera yang berbeda tentang apa yang mereka anggap selaku 'RPG tepat' mereka. Terkadang, produk tamat dari upaya ini menciptakan permainan yang cuma manis untuk dirasakan selama beberapa hari, atau bahkan suatu mahakarya yang akan menempel pada mereka, bahkan beberapa tahun setelah permainan pertama mereka.

Sangat jarang suatu RPG mampu mencapai hal terakhir, karena ini memerlukan bukan hanya pemahaman yang tepat tentang apa yang mau mendefinisikan genre tersebut, memenuhinya dengan sebaik-baiknya yang mampu dilaksanakan tim pengembang, tetapi juga bisa melakukannya dengan hukuman yang hampir sempurna dari prinsip tersebut dalam praktik, sehingga prestasi tersebut dianggap nyaris mengesankan. Meskipun mungkin ada beberapa rintangan tak terhindarkan yang mereka tidak mampu tidak tersandung. Itulah kesan yang saya dapatkan dari Fallout New Vegas, setelah menghabiskan waktu bermain sekitar 270+ jam dengan itu.

Fallout New Vegas yaitu tembakan RPG agresi dunia terbuka pasca-apokaliptik yang dikembangkan oleh Obsidian Entertainment, dengan penerbitan yang disediakan oleh Bethesda Softworks dan dirilis pada 19 Oktober 2010. Game ini yakni spinoff dalam seri video game Fallout, yang merupakan seri RPG yang berlibat di sekitar dunia sejarah alternatif terpengaruh Era Atom, yang berorientasi pada pengembangan kekuatan nuklir dan atom untuk kebutuhan militer dan sipil. Dengan fokus mutlak pengembangan kekuatan nuklir selama beberapa tahun tanpa perhatian terhadap efisiensi, sumber daya alam di dunia menipis drastis, sehingga mencapai puncaknya dalam perang skala dunia yang rampung dalam tragedi nuklir pada tahun 2077. Dari pengaruh bencana nuklir tersebut, umat insan sudah berupaya membangun peradaban kembali dan melanjutkan kehidupan mereka di antara permukaan yang terkontaminasi radiasi.

 bersama dengan permainan yang mengandung elemen RPG yang datang dan pergi dalam industri  Fallout: New Vegas
Gambar: Karakter pemain (Courier 6) menggunakan sebuah senjata berat, yakni suatu senapan mesin granat terhadap beberapa musuh Super Mutant.

Cerita Fallout New Vegas terjadi pada tahun 2281, yang ialah 3 tahun sesudah insiden Fallout 3 dan 204 tahun sesudah Perang Besar terjadi. Lokasi cerita ditempatkan di dalam Mojave Wasteland, yang merupakan area sisa-sisa Amerika Serikat yang terdiri dari lokasi-lokasi dari Nevada, Arizona, dan California. Pemain mengambil peran selaku Courier 6, yang risikonya dirampok suatu paket yang sedang mereka antarkan, ditembak di kepala, dan dikubur dalam kuburan dangkal. Setelah mereka secara abnormal dikembalikan kesehatannya oleh dokter kota terdekat, mereka akan mengawali perjalanan untuk mengenali mengapa mereka dirampok untuk paket yang tidak menonjol itu, sehingga berkeliling Mojave Wasteland untuk bertemu dengan berbagai huruf dan faksi dengan kepentingan dan jadwal mereka sendiri. Semua ini akan berujung pada konflik yang meningkat yang akan menentukan nasib Mojave Wasteland secara keseluruhan, baik itu untuk lebih baik atau lebih buruk.

Gameplay utama terdiri dari permainan dunia terbuka aksi orang ketiga/pertama di mana pemain akan mampu menjelajahi Mojave Wasteland dengan cara apa pun yang mereka anggap tepat. Dari awal, pemain yang mengawali permainan akan diminta untuk membuat huruf yang terdiri dari penampilan, statistik, sifat, dan keahlian yang akan mereka spesialisasikan untuk permainan mereka. Keputusan rancangan khusus ini memungkinkan variasi yang mengejutkan dalam hal karakter apa yang dapat seseorang ciptakan. Baik itu karakter nerd yang mengkhususkan diri dalam meretas komputer dan menggunakan senjata energi (seperti laser dan senjata plasma), pembunuh diam-diam yang akan menggunakan metode penyamaran untuk menyergap atau menyingkir dari musuh, atau bahkan pembicara yang karismatik yang mau dapat mengeluarkan diri mereka dari masalah dengan cara kata-kata mereka yang sempurna, game ini menyediakan cukup banyak dalam hal kemungkinan ulang yang menentukan tidak ada dua permainan yang mau tetap sama, dari awal hingga akhir.

 bersama dengan permainan yang mengandung elemen RPG yang datang dan pergi dalam industri  Fallout: New Vegas
Gambar: Pagar untuk memasuki lingkungan dalam New Vegas yang bernama The Strip, ialah lokasi sarat kasino yang sedang dijagakan oleh berbagai pengaman robot (Security Bot).

Bentuk kebebasan dan keagenan pemain ini bahkan meluas ke cerita itu sendiri, di mana tidak hanya quest utama itu sendiri, namun bahkan banyak quest sampingan dirancang sedemikian rupa untuk membiarkan pemain memenuhi tujuan utama quest melalui tata cara apa pun yang mereka harapkan, dengan hasil yang jarang, kalau pernah, sama. Beberapa quest tertentu mungkin cuma terdiri dari membunuh sekelompok penyerang dalam sebuah area, dan kembali ke pemberi quest untuk menerima kado, tetapi ada banyak yang dirancang untuk memiliki kedalaman lebih dalam hal kehalusan mereka. Salah satu quest tersebut melibatkan menyelesaikan persoalan murung yang dialami oleh pemilik karavan dan pemilik karavan, yang mau dibarengi dengan serangkaian quest sampingan yang mampu rampung dengan Anda dan karavan tersebut mencari balas dendam kepada para pembuat dilema konspirasi, menuntaskan konspirasi tersebut secara tenang lewat pengumpulan bukti dan mengirimkannya ke otoritas yang sempurna, atau menjualnya kepada konspirator yang Anda lakukan sejak awal.

Quest sampingan lainnya hanyalah serangkaian mini-quest sampingan yang berputar di sekeliling membantu dan menerima kepopuleran dengan pemukiman dalam pangkalan udara, yang budayanya yang berputar di sekeliling materi peledak dan senjata akan berkhasiat untuk pertentangan yang mau tiba. Bagaimana seorang pemain mampu mendapatkan ketenaran tergantung pada apa yang mampu dilaksanakan huruf pemain pada saat itu, termasuk menunjukkan perawatan medis kepada beberapa penduduk pemukiman yang terluka parah, menjinjing beberapa panel surya untuk mengembangkan infrastruktur listrik, atau bahkan bertindak sebagai mediator untuk sepasang kekasih yang keinginan akan persahabatan dibatasi oleh dinding tertutup faksi masing-masing. Baik itu lewat gameplay atau kisah, kedua faktor tersebut saling terjalin indah untuk menekankan kebebasan besar yang hendak dapat dimiliki pemain dalam hal apa yang mampu disediakan oleh game. Dan semua itu dalam waktu bermain yang rata-rata sekitar 20-30 jam per permainan, yang terkadang terasa seperti setengah waktu bila Anda cukup terlibat dengan game itu sendiri.

 

 bersama dengan permainan yang mengandung elemen RPG yang datang dan pergi dalam industri  Fallout: New Vegas

Gambar: Karakter pemain sedang menjelajahi area Freeside, ialah area luaran dari The Strip yang tampaklebih runtuh dari keadaan.

Jika saya mensimpulkan hal penarikan yang dimiliki game ini melalui chart Bartle Personality, yang terdiri atas suatu Achiever, Explorer, Socializer, dan Killer, mampu terdiri atas hal tersebut:

 

[Achiever]

  • Permainan ini mampu cukup sulit, khususnya jikalau pemain baru dalam RPG. Tantangan semacam itu telah mampu menjadi pesona tersendiri, mengharuskan pemain untuk mengenal seluk-beluk sistem permainan dan mengetahui sumber daya apa yang mau mereka peroleh tergantung pada jalur yang mereka ambil untuk berbagai quest yang ditawarkan. Kesulitan itu sendiri juga mampu diubahsuaikan, memungkinkan pemain untuk memajukan kesulitan demi tingkat kepuasan diri yang lebih tinggi.
  • Tentu saja, pemain mampu mengembangkan kesulitan dengan menggunakan Mode Hardcore yang disediakan oleh game, di mana mode ini memanfaatkan nuansa pasca-apokaliptik game untuk menjadikannya lebih mirip game survival. Ketika mode ini diaktifkan, pemain tidak cuma akan mempunyai pilihan yang jauh lebih sedikit dalam hal penyembuhan (khususnya dalam pertarungan), tetapi mereka mesti secara berkala memeriksa keperluan bertahan hidup mereka untuk tetap dalam kondisi terbaik, seperti kelaparan, kehausan, atau bahkan keperluan untuk tidur aksara mereka.
  • Selain beberapa pertandingan bos yang menantang yang dapat dihadapi pemain (dengan syarat mereka tidak memilih penyelesaian diplomasi), akan ada beberapa lokasi tersembunyi dalam peta yang mampu menyediakan lawan yang sungguh handal untuk dilawan. Sangat jarang, diketahui selaku varian 'Legendary' dari musuh yang ada di peta dunia terbuka itu sendiri yang mampu menawarkan kado yang cukup cantik, asalkan pemain dapat mengalahkannya.
  • Konten yang dapat diunduh/paket perluasan yang tersedia untuk game itu sendiri akan menawarkan tantangan yang jauh lebih besar daripada apa pun yang ditawarkan oleh game dasar, khususnya bila pemain tidak merencanakan diri. Contohnya tergolong ditempatkan dalam area yang jauh lebih berbahaya ketimbang Mojave Wasteland itu sendiri, dengan semua barang pemain yang diambil sementara dan memaksa mereka untuk memulai dari permulaan dengan sumber daya mereka akan menawarkan perubahan tempo yang elok.

[Explorer]

  • Bagi setiap penjelajah yang mempunyai kecenderungan untuk menyaksikan setiap sudut, game ini sangat menyeluruh menutupi semuanya alasannya rancangan dunia terbukanya. Dunia terbuka utama itu sendiri mungkin agak kurang dalam hal eksplorasi daripada game sebelumnya, tetapi area-area perorangan itu sendiri mampu menjadi lokasi yang mempesona untuk dijelajahi. Mulai dari bunker terlantar yang digunakan oleh masyarakatsebelum perang untuk tinggal, hingga lokasi yang rusak yang membentuk New Vegas itu sendiri, ada jumlah rincian yang mengejutkan untuk satu orang untuk mengungkap.
  • Jika pemain lebih senang mempunyai acara untuk dijalankan, maka banyak sekali quest yang tersedia dalam game itu sendiri akan cukup bagi mereka untuk menikmati, bahkan bila mereka tidak lewat seluruh daftar dalam satu permainan. Beberapa akan terkunci alasannya adalah opsi apa pun yang mereka buat, dan beberapa akan cukup tersembunyi sehingga memerlukan perhatian extra dari pemain untuk diungkap. Ini tergantung pada seberapa bersedia pemain untuk mengalaminya.
  • Jika pemain tidak tertarik untuk mengetahui dunia terbuka itu sendiri, maka tata cara permainan akan lebih dari cukup untuk menggantikannya. Karena desain permainan diwarisi dari RPG meja tradisional, ada banyak kemungkinan dalam hal abjad apa yang ingin dibentuk pemain.
  • Desain mekanis bahkan menyebar ke aneka macam jenis peralatan, senjata, dan barang konsumsi yang dapat ditemukan pemain sepanjang perjalanan mereka. Pakaian sipil biasa, set baju zirah besar dan tinggi, senjata api biasa mirip revolver dan senapan penembak jitu, senjata api aneh mirip senjata energi dan persenjataan peledak (bahkan peluncur misil dan granat!), ada banyak barang yang mampu digunakan pemain yang bisa didapatkan dalam dunia game.

[Socializer]

  • Dengan cara permainan yang rumit dalam bercerita dan membangun dunia, pemain akan dapat bertemu dengan berbagai faksi dalam game yang dapat mereka interaksikan dengan berbagai cara. Kadang-kadang bahkan sampai pada titik memutuskan nasib mereka pada saat mereka meraih final game. Faksi-faksi tersebut cukup baik ditulis sehingga mereka bisa membuat banyak diskusi dalam hal peran mereka di dalam Mojave Wasteland itu sendiri, dan apa yang mau dipikirkan pemain lain perihal mereka secara individu.
  • Desain RPG yang rumit dari game ini memungkinkan pemain untuk mengetahui berbagai jenis karakter yang mau mengasyikkan untuk satu permainan penuh, sehingga menekankan bab 'bermain peran' dari genre RPG itu sendiri. Karakter dan faksi utuh akan bereaksi berlainan tergantung pada bagaimana karakter dibangun, sehingga memungkinkan banyak kemungkinan bagi pemain untuk bermain tugas sebagai abjad yang mereka inginkan dengan aneka macam NPC dalam game.
  • Dengan kehalusan kecil dari aneka macam area yang dimiliki game ini, pemain akan dapat membagikan ajaran mereka dan bahkan rahasia apa pun yang mereka temukan dalam game itu sendiri. Baik itu lokasi senjata unik, atau pengungkapan quest tersembunyi akan menjadi topik yang tepat untuk diskusi.

[Killer]

  • Memiliki begitu banyak kebebasan dan agen pemain dalam game itu sendiri memungkinkan beberapa kemungkinan yang sungguh mempesona dikala tiba ke permainan apa pun yang mungkin ingin dijalankan pemain. Apakah pemain tersebut ingin membunuh hampir setiap NPC dalam game? Apakah pemain ingin meraih simpulan permainan yang paling jelek, di mana mereka praktis menjadi malapetaka bagi Mojave Wasteland itu sendiri? Game akan memungkinkan pemain melakukan hal tersebut, walaupun itu datang dengan konsekuensinya sendiri.
  • Kemungkinan kebebasan dan biro tersebut bahkan meluas ke gameplay itu sendiri, hingga pada titik di mana pemain akan dapat mempergunakan cara kerja skill, keistimewaan/ciri, dan perkiraan statistik dalam gameplay itu sendiri. Pemanfaatan yang cerdas dari metode permainan akan berkembang menjadi sistem yang agak merusak game itu sendiri, seperti mengkhususkan diri dalam senjata energi dan mendapatkan keutamaan yang akan menimbulkan ledakan, semua dari setiap pembunuhan yang dikerjakan dengan senjata tersebut. Reaksi berantai dari keutamaan tersebut akan membuat imbas partikel yang cukup untuk mengakibatkan crash pada game, kemungkinan memberikan sejumlah hiburan bagi pemain.
  • Game itu sendiri, terlepas dari metode gameplay dan ceritanya, tidak betul-betul terpoles ketika datang ke bug dan glitch, memungkinkan segala macam eksploitasi aneh yang mampu dikerjakan pemain. Sebagai pola: Pemain bisa hampir menghindari sistem manajemen bobot game dengan hanya menaruh barang-barang yang mereka inginkan dalam jenazah, memotong anggota tubuh atau kepala dari jenazah tersebut, kemudian membawanya bareng mereka dengan hanya penalti kecepatan untuk dihadapi. Meskipun bobot yang dibawa cukup untuk menciptakan pemain berhenti total.
  • Dan kalau itu semua belum cukup, ada peluanguntuk bermain-main dengan cheat yang tersedia dalam game, semua lewat perintah yang bisa dilakukan dalam konsol pengembang itu sendiri. Asalkan Anda bermain versi PC dan siap mencari perintah cheat game tersebut.

Secara keseluruhan, saya akan menyampaikan bahwa game ini lebih dari pantas untuk dicoba, baik jika Anda baru mulai dengan RPG atau telah berniat mencari lainnya untuk dimainkan. Potensi yang luar biasa untuk mampu dimainkan ulang, dongeng yang rumit, dan dunia yang menarik akan dapat mempesona banyak pemain yang mencari pengalaman permainan video yang jago.

Top of Form

 

Video Trailer: https://youtu.be/l-x-1fm2cq8?si=Lu8Ar3ics74nt8UN

Video Gameplay: https://youtu.be/1cHIlLqgZAk?si=s6yzndS-mhYVcfYc

Link ke halaman game: https://store.steampowered.com/app/22380/Fallout_New_Vegas/

 

5024201045/Falih Budiman Baruna (ppg2024)

Posting Komentar untuk "Fallout: New Vegas"