Escape From Tarkov (Early Access)


KLASIFIKASI

Genre : FPS MMORPG
Tema : Post Apocalypse
Rating : Belum ada Rating resmi dari PEGI atau ESRB tetapi di rate RARS 18 (rating umur Rusia)

DESKRIPSI

    Escape from Tarkov merupakan game First Person action RPG/Simulator hardcore dan realistis dengan fitur MMO dan story driven buatan developer game dari Rusia , Battlestate Games. Developer nya mengklaim game mereka selaku "bukan game 'casual' shooters". Game ini masih dalam tahap BETA dalam pengembangannya.  

    Bersetting di kota fiksional di Rusia, Kota Tarkov, yang ialah kota dimana bekas terjadi pertentangan antara beberapa kelompok tentara bayaran (PMC). Penduduk lokal sudah meninggalkan area kota, tetapi beberapa masih menetap untuk mencari keuntungan dengan merugikan lainnya. Dengan keadaan baru ini, penduduk lokal yang bengis dan memilih menetap berkumpul membentuk gang bersenjata yang dimana di game ini disebut selaku Scav. Dengan tidak adanya peraturan yang berlaku, beberapa melihat selaku peluang untuk mengambil kontrol dan menjangkau kekuasaan dengan segala cara.

    Pemain akan bermain sebagai salah satu "PMC" (Tentara bayaran) dari salah satu dari dua kalangan prajurit bayaran swasta yang selamat selamat pertentangan Tarkov. Pemain dapat memilih selaku PMC bekas "BEAR" atau "USEC". Akses masuk dan keluar kota ditutup oleh UN dan militer Rusia tergolong komunikasi dan supplai.

STORY

    Kejadian pada game Escape from Tarkov berada di daerah fiksional Norvinsk yang menjadi penghubung antara Rusia dan Eropa dimana kondisi tersebut menawan beberapa perusahaan internasional besar, termasuk yang memiliki niat buruk. Tarkov yang menjadi kota terbesar di kawasan itu menjadi ground zero untuk skandal salah satu perusahaan bermasalah tersebut. Enam bulan setelahnya, area Tarkov telah menjelma medan tempur bersenjata yang melibatkan UN, militer Rusia, dan dua kelompok tentara bayaran swasta. 
    Terdapat dua pasukan PMC yang disewa oleh pihak - pihak yang terlibat dalam pertentangan Tarkov. USEC yang ialah PMC bentukan Amerika disewa oleh perusahaan Terragroup untuk membatasi pihak berwenang untuk memeriksa perusahaan tersebut yang terlibat dalam suatu skandal. BEAR yang ialah PMC bentukan Rusia dipekerjakan oleh pejabat Norvinsk untuk mengungkap bukti skandal perusahaan Terragroup. 

CARA MAIN

    Pada game Escape From Tarkov, permainan utamnya berpusah pada dikala pemain melaksanakan RAID dimana pemain masuk ke dalam match dengan peralatan yang sudah disiapkan sebelumnya. Saat didalam RAID, pemain dapat menjarah barang- barang, membunuh NPC Scav, pemain lain, dan melaksanakan Quest. Tetapi, kalau pemain mati ketika RAID tersebut, semua barang - barang yang dibawa pemain akan hilang dan tidak mampu diambil kembali kecuali asuransinya sukses (barang tidak dijarah orang). Jika pemain ingin menyimpan barang jarahannya, pemain mesti melakukan "EXFILTRATION" atau keluar dari RAID pada titik - titik Exfil tertentu tanpa mati. Jika pemain sukses EXFIL, maka dianggap selaku "menang" atau selamat dan mampu menyimpan barang jarahannya.

ATURAN MAIN - GAME MECHANICS

Permadeath and Insurance System




    Sebenarnya bukan permanent death dimana jikalau pemain mati tidak mampu melanjutkan bermain, melainkan jikalau pemain mati dikala melaksanakan "RAID" maka semua barang yang pemain bawa secara mudah akan hilang. Dengan adanya tata cara tersebut menciptakan game ini banyak dianggap sebagai "punishing", "hardcore", atau "high risk high reward". Tentu saja anda bebas menenteng perlengkapan apa yang ingin anda bawa ke suatu RAID. 
    Tetapi game ini bahwasanya mempunyai insurance system dimana pemain dapat mengeluarkan uang untuk mengansurasikan barang yang dibawa dengan mengeluarkan uang bareng ketentuan tertentu. Ketentuan tersebut yakni jika barang yang diasuransikan dijarah oleh pemain lain maka walau sudah diinsuransikan, barang tersebut tidak akan kembali ke pemain.

Base RPG Elements



    Seperti pada game RPG umumnya, Escape from Tarkov mempunyai metode level dan skill progression yang memiliki efek pada banyak hal. Level cuma berpengaruh pada jenis quest yang dapat dikerjakan dan  progression Trader. Skill memiliki dampak pada stat pemain mirip kecepatan reload senjata, kendali recoil, kecepatan membuka container, looting, dan aneka macam macam lainnya.

Trader



    Di game ini, sementara terdapat 6 trader yang dimana pemain dapat melaksanakan perdagangan (jual dan beli). Trader tersebut memiliki jenis barang yang berbeda untuk dijual dan juga barang yang akan dibeli. Contoh, Trader berjulukan Therapist menjual berbekalan medis mirip perban, First Aid Kit dimana Trader bernama Prapor menjual senjata siap pakai. Tetapi trader juga memiliki jenis barang yang mereka ingin beli dari pemain dengan harga yang berlawanan beda juga, misal pemain mampu memasarkan masakan, perabot rumah, kabel, elektronika, paku, dan palu ke Therapist tetapi tidak dengan persenjataan lalu pemain mampu memasarkan senjata, spare part senjata, dan elektro ke Mechanics yang dimana elektro juga dapat dijual ke Therapist namun dengan harga yang berlawanan.

Semi-realistic Injuries

    Dengan tema post apokaliptik Rusia seperti halnya game S.T.A.L.K.E.R. , Escape from Tarkov berupaya mensimulasikan kerasnya kehidupan di Tarkov dengan tata cara kesehatan modular dimana setiap bagian badan pemain memilik Health Point nya sendiri seperti tangan, dada, perut, kaki, dan kepala. Jenis luka juga berbeda - beda dari pendarahan ringan, pendarahan berat, patah tulang, pusing, kehilangan cairan tubuh, kelaparan, kecapekan,dan blackout limb (HP bab badan benar - benar habis dan tidak mampu di sembuhkan) dengan cara penanganannya yang berbeda - beda juga. 

Versitile Movement Control

    Selain bergerak WASD, jongkok, dan tiarap, pemain juga dimanjakan dengan berbagai stance mirip leaning, jongkok setengah, tiarap miring, dan lainnya bahkan blind fire (menembak ala gangster tanpa membidik). 

Real Life Ballistics and Projectile Hit Physics


    Game ini memberikan metode balistik peluru yang kongkret dimana setiap peluru memiliki tingkat penetrasi armor yang berlainan beda. Variasi kaliber dari peluru pistol 9x19mm parabellum sampai .338 Lapua yang dimana perkaliber juga memiliki jenis yang berbeda mirip halnya kaliber AK 5.45x39mm meiliki jenis PS yang hanya mampu menembus sampai armor level 3 dimana jenis PPBS "Igolnik" mampu menembus sampai armor level 6.  Tergantung dari tingkat penetrasi dan armor yang digunakan, peluru tidak selalu dapat eksklusif memberi damage dari HP pemain namun juga seringkali cuma merusak armor jikalau tidak dapat menembus armor. 

Advanced Weapon Modding System


    Senapan api di game ini bagaikan Barbie untuk anak perempuan. Pemain dapat memodifikasi dan mempereteli senjata hingga kecil - kecil. Contoh pemain dapat memberi adapter untuk memasang scope lain, mengubah popor, mengganti panjang laras, dan lainnya. 

Weapon Malfunction System

    Senapan api pada game ini dapat mengalami malfungsi dimana pemain mesti memencet tombol tertentu untuk memperbaiki senjata.


Flea Market


    
Flea Market atau pasar loak dalam bahasa Indonesia adalah fitur dimana pemain mampu menjual barang temuannya dengan harga yang diputuskan sendiri dan dijual ke pemain lain. Bedanya dengan dijual ke trader yakni barang yang dijual ke trader telah memiliki harga "fixed". Tetapi barang bisa dijual ke flea market hanya barang yang memiliki "Found in Raid" status dimana cuma ada pada barang jarahan yang didapatkan di RAID dan bukan dari hasil beli di trader dan membeli dari Flea Market. Dengan adanya fitur ini, harga barang mampu mengalami kenaikan dan turunan mirip halnya pasar di dunia nyata. Di Flea Market tersedia berbagai barang mulai dari Meal Ready to Eat (MRE) untuk disantap, senjata untuk digunakan, peluru untuk ditembak,  sampai Graphics Card untuk membangun Bitcoin Farm anda.

Hideout



    Pemain akan memiliki markas tersembunyi personal dimana pemain dapat membangun aneka macam hal untuk keperluan, mulai dari Medical Station untuk memproduksi alat medis sampai Bitcoin Farm untuk mengemine ingame Physical Bitcoin.

SKENARIO

Get In and Get Out

    Pemain yang bermain PMC akan diberikan aneka macam bentuk progression yang akan diterangkan di subpoint senlanjutnya. Untuk melakukan progressi ini, secara garis besar, pemain harus melakukan "RAID" dimana pemain masuk ke dalam beberapa map yang disediakan. Didalam map tersebar beberapa daerah dimana terdapat barang jarahan yang bisa pemain jarah. Tentu saja juga ada lawan Scav dan PMC player lain yang juga spawn diwaktu berbarengan di areah yang berlainan. Saat bermain, pemain dapat menjarah dan membunuh PMC atau Scav untuk mengambil jarahan dan dijual untuk menerima laba. Tetapi didalam map tidak hanya digunakan untuk untuk mencari loot untuk dijual tetapi seringkali juga ada spot khusus untuk quest - quest tertentu (quest akan dijelaskan di subpoint lain). Untuk mampu menyimpan hasil jarahan, pemain mesti melakukan Exfiltration dimana pemain kabur dari map tersebut lewat gerbang extraction yang ditentukan. 

Quest



    Selain menjadi akomodasi pemain untuk membeli barang - barang, Trader juga menjadi pemain drama utama dalam berjalannya story di game ini dimana tiap Trader memberi quest yang berlainan - beda yang diberikan ke pemain. Macam quest lazimnya beraneka ragam dari membunuh scav, membunuh PMC, mencari barang tertentu atau mengirim barang tertentu. Dengan menjalan quest, pemain akan diberikan reward material berupa uang atau barang serta exp serta mengikuti alur story dari game ini. 

KENAPA INI GAME TERBAIK (PERSONAL OPINION)

Gameplay yang "Punishing" namun "Rewarding"

    Di game ini, semua barang yang anda bawa akan secara praktis hilang jikalau anda mati saat RAID. Untuk perbandingan, rata - rata laba yang anda dapat satu RAID seorang pemula lazimnya adalah sekitar 100.000 Ruble, jikalau anda sudah mempunyai jalan masuk ke perlengkapan yang lebih elok, peralatan yang dibawa bisa mencapai hingga 1.000.000 Ruble (10 kali lipat rata - rata keuntungan). Jika pemain mati saat membawa peralatan seharga 1.000.000 Ruble maka setara dengan 10 kali RAID sukses yang sekarang sia - sia alasannya pemain mati. 
    Dengan kengerian akan kehilangan barang berharga, pemain akan merasa lebih di "reward" saat sukses mengalahkan pemain lain atau berhasil Exfil dari map dan dapat menyimpan barang hasil jarahan yang dimana sungguh beresiko untuk didapat. Secara teknis anda berjudi dengan perlengkapan ialah apakah barang yang dibawa akan sebanding dengan laba. 

Gun Gameplay yang Imersif

Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa mechanics game yang berafiliasi senjata adalah balistik realistis , penyesuaian senapan yang liar, dan sistem senjata macet. Belum banyak game yang mengimplementasikan hal ini sebab terhitung merupakan tantangan teknis. Dengan adanya tata cara tersebut pemain tidak cuma dibebankan asumsi mati oleh sebab lawan namun mati alasannya perlengkapan yang perlu diurus dan dipikirkan juga. 


Progresi yang nyaris tidak terbatas

    Sulit untuk bosan di game ini dimana goal nya nyaris tidak terbatas, anda bisa mulai dari memikirkan untuk menaikan level atau bisa mulai mengupgrade Hideout untuk mendapatkan jalan masuk produksi barang sendiri. Atau juga menaikan level trader untuk mendapatkan saluran beli perlengkapan yang lebih manis dan murah dibanding yang dijual di Flea Market. Belum lagi quest yang jumlahnya ratusan dan menantang.

Sistem RPG yang tidak membosankan


    Di game RPG atau MMORPG umumnya memperlihatkan tata cara level dimana makin tinggi level maka Health Point dan Damage pemain makin tinggi, namun HP dan Damage lawan juga kian naik dimana yang secara bernafsu terdengan tidak mempunyai arti dan membosankan. Pada game ini, kenaikan level tidak eksklusif memiliki pengaruh pada Health Point pemain atau damage yang dibentuk oleh pemain, melainkan akses ke aneka macam peralatan yang berlawanan. Di game ini, combat tidak cuma sekadar HP dan Damage, banyak aspek lain yang sangat bervariasi dan kompleks yang mesti dipertimbangkan dari armor sistem dan ballistik peluru, tata cara senjata, dan yang lain.

Walau Hardcore-simulator namun bukan Walking Simulator


    Tentu game simulasi hardcore militer tidak cuma Escape from Tarkov namun juga ada game lain mirip DayZ, Arma 3,  Scum dan game survival atau simulasi militer yang menawarkan kesan hardcore. Tetapi alasannya berporos pada "realism", game - game hardcore kongkret Open World condong memaksakan realism pada semua hal dan  salah satunya perjalanan dari titik satu ke lainnya. Pada game mirip DayZ, Arma 3,  Scum pemain harus menempuh jarak berkilo - kilometer untuk sampai di kota lain dimana memang realistis namun jelas membosankan mengenang ini ada di dunia virtual game. Tetapi pada Escape from Tarkov bukan Open World dimana memberikan map - map dengan rancangan yang berbeda - beda tanpa perlu berlangsung secara real time.

Walau belum Full release telah sangat adiktif


    Poin lain yang penulis tambahkan tetapi sangat bersifat subjektif adalah dimana game ini sudah mempunyai banyak poin yang dapat menciptakan pemain adiktif, namun mengenang game ini masih dalam tahap Early-access BETA maka masih banyak konten yang disediakan sampai game ini Full Release. Dibandingkan dengan game AAA lain dengan harga sama namun konten sedikit.

FUN-NYA DIMANA?

ACHIEVER
1. Menyelesaikan quest
Quest yang disedikana game ini sungguh banyak dan bervariasi serta memberikan aneka macam bentuk reward yang berlainan - beda.

2. Menaikan Level aksara and Trader Level Progression
Menaikkan level akan membuka peluang lebih banyak untuk berbelanja barang dan menaikan level trader jugam enjadi syarat untuk membuka item - item untuk dibeli

3. Mem Maxed-out Skill aksara
Pemain cuma dapat memajukan skill dengan melaksanakan hal yang berafiliasi dengan skill tersebut, contoh skill Endurance cuma dapat ditingkatkan dengan sering berlari. Jadi jikalau sudah sukses di max, maka akan memberikan kepuasan.

4. Mem Maxkan Hideout
Hideout pemain juga mampu ditingkatkan dan di max hingga menawarkan faedah dan keuntungan optimal pada pemain.


EXPLORER(ada)
1. 6 Map yang luas dan mempunyai diam-diam nya sendiri - sendiri
Banyak bab dari map yang tersembunyi yang perlu didapatkan, banyak spare part senjata yang perlu di research, banyak barang dan supply yang berbeda untuk ditemukan.

2. Modifikasi senjata yang beragam membuka potensi bereksperimen
Variasi penyesuaian senjata yang mampu ditemukan sesuai dengan keinginan pemain membuka kemungkinan untuk mengeksplorasi lebih pada bagian adaptasi dan memperoleh set senajta yang pas untuk pemain.

SOCIALIZER(ada tetapi tidak masif)
1. Bermain bareng Squad
Pemain mampu melakukan RAID bersama sobat lainnya (dibatas 5 per group) dan bisa berkomunikasi dengan Scav lain jikalau pemain bermain sebagai Scav dengan metode quick chat. Tetapi di game ini belu memiliki in game Voice Chat dimana memiliki arti pemain hampir tidak ada cara berkomunikasi dengan pemain lain yang dijumpai di RAID.

2. Berjualan dengan pemain lain di pasar loak (FLEA MARKET)
Di Flea market pemain mampu menjual barangnya ke pemain lain bersama dengan jualan pemain lainnya, pemain mampu menertibkan harga pasar seakan - akan di dunia nyata yang berefek ke harga barang yang lain.

 KILLER
1. Pemain dapat membunuh pemain lain dan mengambil barangnya
Bagi pemain yang kompetitif dan ingin melampiaskan emosi ke pemain lain, Escape from Tarkov menyediakan lapangan yang anggun dimana anda bisa menghabisi PMC (Pemain lain) dengan perlengkapan yang anda sudah beli dan rakit sedemikian mungkin dengan tujuan untuk dan hanya untuk membunuh pemain lain dan mengambil peralatan pemain lain dan jarahannya. Bahkan anda bisa mengambil dogtag pemain yang anda bunuh selaku koleksi.

SCREENSHOTS

Screenshot Tarkov di Map Woods di lokasi Plane Crash dengan senapan VSS
Screenshot Tarkov di Map Shorline bersama Squad dengan senapan AKS-74U dengan attachment Laser sight, PK7 sight, dan 60 Magazine
Screenshot Tarkov di Map Shorline dengan Colt M4A1 dengan scope HAMR, Flashlight, RK1 forgrip, dan PWS muzzle break

VIDEO TRAILER

VIDEO DEMO


LINK GAME


NAMA : HELMIKA MAHENDRA PRIYANTO
NRP : 07211840000076


Posting Komentar untuk "Escape From Tarkov (Early Access)"